mobil rental

Waspadalah dengan Modus Penipuan Sewa Mobil Pakai e-KTP Palsu

Cara yang dipakai komplotan penipu untuk menggelapkan mobil rental ini tergolong baru. Mereka memalsukan e-KTP.

Waspadalah dengan Modus Penipuan Sewa Mobil Pakai e-KTP Palsu
tribunjateng/yayan isro roziki
Nggak tanggung-tanggung, oknum guru di madrasah aliyah swasta ini menggadaikan 42 mobil rental dan uangnya untuk bayar utang serta bangun rumah. 

Laporan wartawan Tribun Jateng, Ponco Wiyono

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Cara yang dipakai komplotan penipu untuk menggelapkan mobil rental ini tergolong baru. Secara rapi dan terorganisasi, mereka melakukan penipuan.

Mulai dari memalsukan e-KTP yang digunakan, hingga menghilangkan jejak keberadaan kendaraan rental.‎

Penipuan yang dilakukan sejak 3 Januari 2018 lalu itu sudah tiga unit mobil rental yang diambil. Namun akhirnya terbongkar saat ada korban melaporkan kehilangan mobil.

Korban bernama Redemtus Puji (47), merupakan pemilik rental Lancar Sari Timur di Kecamatan Sidorejo.

Ia melaporkan kehilangan yang dialaminya, yang kemudian melibatkan dua nama yakni Dardi sutrisno (36) warga Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang, dan Tri Pujiarto‎ (30), warga Kecamatan Semarang Timur Kota Semarang.

"Begitu laporan korban kami tindak lanjuti, kami temukan data-data di KTP itu palsu. Ini kasus baru, alamat dan foto di e-KTP berbeda," jelas Kapolres Salatiga, AKPBP Yimmy Kurniawan.

Dalam gelar perkara di Mapolres, Selasa (13/2/2018), pelaku bernama Tri mengaku ia membuat identitas e-KTP palsu itu di kios percetakan biasa di kawasan Tembalang.

Satu lembar e-KTP dicetak seharga Rp 50 ribu, sementara blangko e-KTP ia dapatkan secara acak dari kawan-kawannya seharga Rp 100 ribu perlembar.

"Untuk blangko SIM foto dan daftar identitas kami hapus, yang e-KTP kami lapisi dengan daftar identitas dan foto palsu yang dicetak di plastik," urainya.

Halaman
12
Penulis: ponco wiyono
Editor: m nur huda
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help