WASPADALAH! Tim Gabungan Sita Kerupuk Mengandung Bahan Berbahaya di Kabupaten Tegal

Kerupuk mie kuning yang mengandung zat pewarna tekstil itu ditemukan di beberapa produsen di Desa Harjosari Lor

WASPADALAH! Tim Gabungan Sita Kerupuk Mengandung Bahan Berbahaya di Kabupaten Tegal
Humas Pemkab Tegal
Petugas menyita sejumlah bungkus mie kuning dari produsen di kabupaten tegal. Dok humas 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM,SLAWI - Tim gabungan Dinas Kesehatan, BPOM, Dinas Perdagangan, Satpol PP, dan Polisi menemukan kerupuk yang mengandung bahan kimia berbahaya auramin.

Kerupuk mie kuning yang mengandung zat pewarna tekstil itu ditemukan di beberapa produsen di Desa Harjosari Lor, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal.

Dari sepuluh produsen kerupuk yang disidak, tiga di antaranya masih positif kedapatan menggunakan zat berbahaya auramin.

Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, Edi Toufik, menjelaskan pihaknya sudah melakukan penyuluhan beberapa waktu lalu terkait makanan aman.

"Kami sudah mengadakan sosialisasi dan mereka berkomitmen untuk beralih dari penggunaan bahan berbahaya ke bahan makanan yang aman," jelasnya, Rabu (14/2/2018).

Namun, setelah dua bulan melakukan penyuluhan, pihaknya beserta tim gabungan melakukan sidak dan hasilnya masih ditemukan kerupuk berbahan makanan berbahaya.

"Setelah diuji laboratorium, dan yang positif, langsung tindak lanjuti dengan penyitaan," ucapnya.

Tiga produsen nakal tersebut diminta menulis surat pernyataan bermaterai. Isi surat pernyataan itu berisi bahwa dirinya siap mengganti bahan berbahaya dengan bahan yang aman.

Apabila di kemudian hari kedapatan melakukan hal serupa maka produsen tersebut siap ditindak tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Halaman
12
Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help