Begini Tanggapan Driver Setelah Dishub Jateng Batasi Kuota Taksi Online

Dari usulan 600 unit, akhirnya disetujui 330 unit saja taksi online yang nantinya beroperasi di Kota Semarang.

Begini Tanggapan Driver Setelah Dishub Jateng Batasi Kuota Taksi Online
YOUTUBE
TAKSI ONLINE di Kota Semarang 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Tengah telah membatasi kuota taksi online di Kota Semarang. Dari usulan 600 unit, akhirnya disetujui 330 unit saja taksi online yang nantinya beroperasi di Kota Semarang.

Terkait pembatasan tersebut, seorang driver online, Nurul Wahid mengatakan, merasa resah atas kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Pasalnya, kebijakan tersebut mengancam nasib puluhan ribu driver online yang beroperasi di wilayah Semarang dan sekitarnya.

"Jumlah pastinya saya tidak tahu. Tetapi hitungan kasarnya begini. Di Go Car, per hari saja menerima driver sebanyak 30 orang. Silakan hitung berapa pertumbuhan setiap bulan, mencapai kurang lebih 900 orang. Pendafaran itu telah berlangsung selama 2 tahun. Jika dijumlahkan, angka driver Go Car saja mencapai kurang lebih 21.600 orang. Itu bisa lebih," katanya, Rabu (14/2/2018).

Jika di Kota Semarang kemudian dibatasi 330 unit maka berapa driver online yang akan kehilangan pekerjaan. Padahal selama ini pendapatan sebagai driver online cukup menjanjikan.

Selain itu, mengenai pengurusan izin juga dipastikan akan merepotkan. Ia mengatakan, agar mendapat izin operasi maka driver online harus menjadi anggota koperasi yang berbadan hukum.

"Nah, koperasi di Grab misalnya, dikenai potongan Rp 35 ribu setiap hari. Padahal sudah terlanjur kredit motor. Ini menyusahkan," ujarnya.

Menurutnya, kebijakan Pemerintah yang ingin menciptakan lapangan kerja justru membuat ribuan warga yang sudah bekerja menjadi pengangguran karena tidak bisa beroperasi. Alasannya yaitu sudah dibatasi kuotanya. (*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help