TribunJateng/

Cuaca Ekstrem

Sungai Dombo Meluap, Jalanan Kampung di Sayung Terendam Ketinggian 1,5 Meter

Sungai Dompo Meluap, Jalanan Kampung di Sayung Terendam Ketinggian 1,5 Meter, Bupati Demak tinjau lokasi

Sungai Dombo Meluap, Jalanan Kampung di Sayung Terendam Ketinggian 1,5 Meter
tribunjateng/hesty imaniar
Bupati Demak, HM Natsir beserta rombongan menemui para korban banjir di Desa Sayung Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak menyusuri jalanan yang tergenang akibat luapan Sungai Dombo, Kamis 15 Februari 2018 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Hesty Imaniar

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Banjir musiman kembali merendam tiga desa di wilayah Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, yakni Desa Prampelan, Sayung, dan juga Desa Kalisari.

Banjir yang merupakan luapan dari Sungai Dombo tersebut, mengakibatkan ribuan rumah terendam air, selama empat hari, sejak Senin dini hari, sampai dengan Kamis (12-15/2/2018).

Di Desa Prampelan setidaknya ada 500 rumah tergenang banjir, Desa Sayung ada 1.471 rumah, sementara di Desa Kalisari, ada 986 rumah yang tergenang.

Genangan air limpasan sungai tersebut, mengakibatkan aktivitas warga terganggu. Air masuk kedalam rumah dengan ketinggian bervariasi antara 30-60 cm. Sedangkan jalan yang ada di kampung, genangan air mencapai hingga 1-1,5 meter, sehingga akses warga terhambat.

Dikatakan oleh Hanif (25) warga Dukuh Lengkong, Sayung, Demak, bahwa, ia sudah tidak bekerja sebagai buruh bangunan ini, selama beberapa hari, akibat dari banjir tahunan ini.

"Rumah saya banjir, jalan di rumah pun tergenang, saya tidak bisa keluar rumah, makanya, saya tidak bisa bekerja, mana uang habis, beras juga habis," keluhnya, Kamis (15/2/2018).

Kepala Desa Kalisari, Sayung, Demak, Saehul Hadi, bahwa, banjir di desanya terjadi sejak sepekan terakhir ini, namun yang paling parah dalam dua hari ini.

"Ini banjir musiman, setiap tahun pasti banjir. Sungai Dombo saat ini sedimentasinya terlalu tinggi, jadi jika hujan pasti banjir, karena tidak mampu menampung debit air yang datang dari manapun," jelasnya.

Selain menggenangi rumah dan jalan di desa, banjir luapan Sungai Dombo juga merendam ratusan hektar sawah warga, masjid, sekolahan, serta kantor Desa Kalisari.

Halaman
12
Penulis: hesty imaniar
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help