LBH Mawar Saron Semarang Minta Penggantian Hakim, Sidang Ganti Rugi Aji Santoso Ditunda

Suryono selaku kuasa hukum Aji Santoso, meminta sidang ditunda sampai adanya penggantian hakim pemeriksa perkara a quo

LBH Mawar Saron Semarang Minta Penggantian Hakim, Sidang Ganti Rugi Aji Santoso Ditunda
tribunjateng/suharno
LBH Mawar Saron Buka Perwakilan Di depan Taman Sriwedari, Solo, Senin (18/5/2015) gratis untuk Orang Miskin. Hadir Adnan Buyung Nasution, Walikota Solo dan Hotma Sitompoel 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Perkara permohonan ganti rugi Aji Santoso melawan negara digelar di Pengadilan Negeri (PN) Semarang, Rabu (28/2/2018) kemarin.

Pada persidangan tersebut, Suryono selaku kuasa hukum Aji Santoso, meminta sidang ditunda sampai adanya penggantian hakim pemeriksa perkara a quo.

Wakil Direktur LBH Mawar Saron Semarang itu berpandangan bahwa seharusnya yang memeriksa dan mengadili perkara a quo adalah hakim Sigit Hariyanto, selaku hakim pemeriksa perkara pidana yang bersangkutan. Pandangan tersebut didasarkan pada Pasal 95 ayat (4) KUHAP.

"Dalam Pasal 95 ayat (4) KUHAP mengamanatkan agar Ketua Pengadilan sejauh mungkin menunjuk hakim yang sama yang telah mengadili perkara pidana yang bersangkutan. Namun hal ini tidak dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Semarang, tentu menimbulkan pertanyaan ada apa dengan Ketua Pengadilan Negeri Semarang," kata Suryono, Kamis (1/3/2018)

Sebelumnya, Aji Santoso mendapat putusan bebas dari Majelis Hakim yang dipimpin oleh hakim Sigit Hariyanto yang didampingi oleh hakim Heri Soemanto dan hakim Antonius Widijantono selaku hakim anggota.

Dalam pertimbangan hukumnya, Majelis Hakim berpandangan bahwa perkara tersebut tidak memenuhi minimum pembuktian, alat bukti lainnya tidak cukup untuk membuktikan kesalahan terdakwa, apalagi jika keterangan terdakwa tersebut didapatkan dengan cara yang tidak sah dengan melakukan kekerasan.

"LBH Mawar Saron Semarang juga sudah bersurat kepada Ketua Pengadilan Negeri Semarang pada 20 Pebruari 2018 meminta penggantian hakim, namun sampai dengan sidang digelar, belum ada jawaban dari Pengadilan Negeri Semarang atas permohonan tertulis kami," ujarnya.

LBH Mawar Saron Semarang mempertanyakan dasar Ketua Pengadilan Negeri Semarang yang menunjuk hakim Wismonoto sebagai hakim pemeriksa perkara sedangkan hakim pemeriksa perkara pidana yang bersangkutan yaitu Sigit Hariyanto masih berdinas di Pengadilan Negeri Semarang.

Perli diketahui, Aji Santoso mengajukan permohonan ganti kerugian kepada negara karena telah berada dalam penjara selama 245 hari. Stigma pernah di penjara tidak lepas dari Aji, namanya telah dikenal sebagai seorang pembunuh meski pengadilan menyatakan bebas.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved