Pati Bumi Mina Tani

Meski Bersihkan Enceng Gondok Wewenang Pusat, Gagasan Kerja Bakti Pemkab Pati Tetap Berlanjut

Banyaknya keluhan masyarakat terkait enceng gondok yang memenuhi Sungai Simo direspon serius oleh Bupati Pati Haryanto.

Meski Bersihkan Enceng Gondok Wewenang Pusat, Gagasan Kerja Bakti Pemkab Pati Tetap Berlanjut
ISTIMEWA
Enceng gondok Sungai Simo Pati 

TRIBUJATENG.COM, PATI - Banyaknya keluhan masyarakat terkait enceng gondok yang memenuhi Sungai Simo direspon serius oleh Bupati Pati Haryanto.

Pasalnya jika dibiarkan, sungai yang berada di jalan Pati-Juwana akan menjadi penyebab banjir lantaran aliran air tersendat oleh tumpukan enceng gondok yang tumbuh di sepanjang sungai tersebut.

"Apa lagi dengan cuaca yang seperti ini,  intesitas hujan masih terhitung tinggi. Saya khawatir enceng gondok itu mengakibatkan penyumbatan sungai dan berakibat banjir," ujar Bupati Pati Haryanto saat diwawancarai usai membuka Pesta Siaga di Alun-Alun Pati, baru-baru ini.

Meskipun dalam hal perawatan, sungai Simo bukan kewenangan Pemkab melainkan kewenangan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali-Juana,  akan tetapi letaknya masih di wilayah Kabupaten Pati, sehingga Bupati Pati merasa terpanggil untuk turut mengatasi hal itu.

Dalam waktu dekat Haryanto menginstruksikan kepada segenap jajaran terkait untuk mengadakan kegiatan kerja bakti bersama guna membersihkan sampah serta enceng gondok yang ada disepanjang sungai Simo.

"Insya Allah kerja bakti ini akan dilaksanakan Sabtu (3/3), dengan melibatkan BPBD, TNI, Polri, Pramuka,  seluruh OPD, dan warga masyarakat sekitar," terang Haryanto.

Rencananya kerja bakti pembersihan enceng gondok itu dilakukan secara manual, memakai bambu yang digunakan untuk menarik sampah ataupun enceng gondok dari sungai ke daratan.

"Nah, bila dirasa sampai waktunya belum selesai, baru akan dilanjutkan menggunakan alat berat, sedangkan untuk limbah enceng gondok sendiri akan dibuang di tempat pembuangan akhir," terang Haryanto.(*)

Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved