Pilkada Serentak

30 Persen Pemilih Pemula di Kota Tegal Sangat Menentukan

Diperkirakan ada sekitar 30 persen pemilih pemula pada Pilkada Kota Tegal 2018. Saat ini, jumlah DPT belum ditetapkan

30 Persen Pemilih Pemula di Kota Tegal Sangat Menentukan
TRIBUNJATENG/BARE KINGKIN
Pjs Wali Kota Tegal, Achmad Rofai, melepas pawai damai para Paslon Wali Kota-Wakil Wali Kota Tegal yang diselenggarakan oleh KPU Kota Tegal, Minggu 18 Februari 2018 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM,TEGAL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal terus menyasar pemilih pemula lewat sosialisasi yang terus dilakukan.

Pemilih pemula dinilai potensial untuk dapat meningkatkan partisipasi pada setiap pilkada.

Komisioner KPU Kota Tegal, Thomas Budiono, menuturkan pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal 2018 ini, partisipasi pemilih ditargetkan dapat berpartisipasi secara keseluruhan atau 100 persen.

"Pemilih pemula jadi pemillih potensial. Kami terus gencarkan sosialisasi ke SMA atau SMK, lewat organisasi Pramuka atau ke kelompok OSIS," kata Thomas, Selasa (6/3/2018).

Selain diharapkan dapat menggunakan suaranya, KPU juga terus memberikan bimbingan kepada pemilih pemula agar mereka dapat menjadi pemilih cerdas.

Menurutnya, pemilih pemula dapat menentukan pilihannya dengan pertimbangan rasional dan argumen- argumen yang benar.

Pemilih pemula, kata dia, berperan sangat besar dalam menentukan calon pemimpin yang terbaik. Mereka menggunakan hak suaranya dengan idealis, kritis, dan independen tidak ada pengaruh apapun.

"Pilihan mereka bisa menentukan calon terbaik yang ada. Kami gembleng agar pengalaman pertama mereka di pilkada dapat memilih yang benar dan tepat supaya membawa dampak ke depan, yakni pemimpin yang baik dapat mensejahterakan masyarakat," jelasnya.

Pemilih yang baru pertama kali menggunakan hak suara itu dinilai mempunyai karakteristik khusus. Thomas berujar mereka merupakan pemilih kunci untuk menentukan calon pemimpin Kota Tegal lima tahun ke depan.

Diperkirakan ada sekitar 30 persen pemilih pemula pada Pilkada Kota Tegal 2018. Saat ini, jumlah DPT belum ditetapkan.

Jika mengacu pada jumlah pemilih pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu terakhir yakni Pilpres 2014 ada sekitar 200.114 ribu, jumlah pemilih pemula Kota Tegal ada sekitar 60 ribu lebih.

Sedangkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) saat ini yang sudah direkap ada sekitar 191.000 orang.

"Kami mengharapkan pemilih pemula yang menggunakan hak suara ada 100 persen," imbuhnya.(mam)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help