Home »

Bisnis

» Mikro

Persiapan Hadapi Digitalisasi, Petani Gandeng Telkom

Persaudaraan Mitra Tani Nelayan Indonesia ‎(Petani) menyiapkan diri untuk menghadapi revolusi industri ke empat yakni digitalisasi

Persiapan Hadapi Digitalisasi, Petani Gandeng Telkom
Tribunjateng.com/Raka F Pujangga
EVP Telkom Regional 4 Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Joko Raharjo, menyaksikan Deputi EVP Marketing Telkom Regional 4, Soewiyarso dan Ketua DPW Petani, Dumadi Tri Restiyanto, serta Ketua DPN Petani‎, Satrijo Damarjati, di Gedung Telkom Jalan Pahlawan Semarang, Senin (12/3/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Raka F Pujangga

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Persaudaraan Mitra Tani Nelayan Indonesia ‎(Petani) menyiapkan diri untuk menghadapi revolusi industri ke empat yakni digitalisasi.

Meskipun digitalisasi masih awam untuk petani, namun pihaknya berkomitmen dapat mendorong petani 'Go Digital'.

Satu di antaranya dengan membangun kerjasama di bidang teknologi digital bersama PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) dan DPW Petani Jawa Tengah.

Ketua DPN Petani‎, Satrijo Damarjati‎ mengatakan, petani di Indonesia harus siap menghadapi revolusi industri ke empat karena proses digitalisasi tersebut.

Sehingga pihaknya perlu menggandeng Telkom untuk dapat memanfaatkan akses fiber optik.

"Karena kami ingin petani bisa menggunakan akses digital itu mulai dari produksi sampai ke pemasarannya," jelas dia‎, disela-sela 'Gerakan Industrialisasi Pangan Nasional Dalam Membangun Poros Maritim Berbasis Rempah Petani Go Digital'‎, di Gedung Telkom, Jalan Pahlawan, Semarang, Senin (12/3/2018).

‎Misalnya seperti yang sudah diterapkan di Kabupaten Bogor telah terbentuk Saung Petani tempat akses petani berjualan produk pertaniannya.

"‎Website petani ini bisa menjadi media sebagai pemasaran dan media pembelajaran yang berada di cabang itu‎," katanya.

Selama ini, kata dia, petani online yang menjual produk pertaniannya secara digital itu bukanlah petani melainkan mediator.

Halaman
12
Penulis: raka f pujangga
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help