110 PNS Pemkab Semarang Dilantik sebagai Pejabat Fungsional

Mereka diharapkan dapat mendukung dan berperan stategis dalam kinerja program pemerintah.

110 PNS Pemkab Semarang Dilantik  sebagai Pejabat Fungsional
amanda rizqiyana

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Amanda Rizqyana

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Sebanyak 110 Pegawai Negeri Sipil dilantik sebagai pejabat fungsional oleh Bupati Semarang, Mundjirin di Pendopo Kompleks Rumah Dinas Bupati Semarang pada Selasa (13/3/2018) siang.

Menurut Bupati Semarang, Mundjirin pejabat fungsional berperan penting dan strategis dalam membangun bangsa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Karena itu, ia minta agar tanggung jawab tersebut dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Mereka diharapkan dapat mendukung dan berperan stategis dalam kinerja program pemerintah.

“Pejabat fungsional harus berusaha keras meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam melaksanakan tugas,” pesan Mundjirin.

Kepala Dinas Kepegawaian Daerah (DKD) Kabupaten Semarang, Partono menuturkan seluruh pejabat fungsional ini merupakan pegawai yang telah dinilai memiliki kemampuan dan keahlian pada bidangnya.

Bidang yang mereka kuasai seperti bidang kesehatan, pengajar, informatika, administrasi, pranata humas, pustakawan. akuntansi, analis, dan teknik.

"Mereka ditempatkan sesuai bidang yang mereka kuasai," ujar Partono.

Setelah dilantik seluruh pejabat fungsional baru ini mendapatkan latihan sesuai bidangnya. Hal ini sesuai amanah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Semarang, Nafis Munandar berharap penempatan pejabat fungsional ini tidak hanya telah menguasai bidangnya, tetapi juga dilihat latar belakang pendidikannya.

Menurut Nafis latar belakang atau riwayat pendidikan formal tersebut penting, karena untuk menguasai suatu bidang diperlukan pendidikan yang sesuai bidang.

Peran latar belakang pendidikan ini juga mengacu PP Nomor 11 Tahun 2017.

"Kesesuaian latar belakang pendidikan untuk optimasi kinerja para pejabat fungsional, jangan sampai setelah menduduki jabat tidak menguasai tugas dan fungsinya," ujar politisi PKS tersebut.(*)

Penulis: amanda rizqyana
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help