Membeli Laptop Tanpa Khawatir Produk Tak Sesuai Keinginan

Kesepuluh jemari Aulia Sari Torodji, bergerak cepat menekan tombol-tombol keyboard laptop yang ada di hadapannya.

Membeli Laptop Tanpa Khawatir Produk Tak Sesuai Keinginan
TRIBUNJATENG/HERMAWAN HANDAKA
Ilustrasi laptop 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG  - Kesepuluh jemari Aulia Sari Torodji, bergerak cepat menekan tombol-tombol keyboard laptop yang ada di hadapannya.

Fokusnya tersedot penuh pada layar yang memancarkan warna biru ke wajahnya. Sesekali ia pun berhenti sejenak sambil memikirkan kata yang ingin dituangkan dalam tulisan.

Bagi Aulia, fungsi laptop memang tak bisa ditinggalkan dalam kehidupan kesehariannya. Selain mempermudah menyelesaikan pekerjaan, perangkat teknologi satu ini sudah menjadi kebutuhan wajib yang membantu Aulia dalam menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan.

"Sebelum membeli laptop biasanya aku mempertimbangkan segi spesifikasi agar bisa sesuai dengan kebutuhan. Terutama besarnya memory RAM, supaya kinerjanya tidak lemot. Baru disesuaikan dengan biaya yang ada," jelas Aulia kepada Tribun Jateng, Rabu (7/3).

Kini ia memilih mengadopsi Acer One Z1402, yang mempunyai jeroan prosesor intel Celeron 2957U berkecepatan sampai dengan 1.40GHz, dan disokong memori RAM berkapasitas 2GB jenis DDR3 serta diperkuat grafis dari Intel HD Graphics. Hal ini membuat kinerja laptop semakin ringan untuk melakukan multitasking, browsing, dan membuka video.

Lebih lanjut, laptop One Z1402 besutan vendor asal Taiwan ini juga dibekali layar berukuran 14 inchi, yang menggunakan teknologi TFT LCD CineCrystal LED backlight dengan resolusi 1366 x 768 piksel. Sebagai dapur pacu, One Z1402 dijalankan oleh sistem operasi Windows 10 Home Edition.

Sementara pada sektor ruang penyimpanan, One Z1402 masih terbilang standar yakni mengandalkan hardisk berkapasitas 500 GB yang dapat di-upgrade apabila diperlukan. Acer juga membekali laptop ini dengan konektivitas yang cukup lengkap di kelasnya, yakni WiFi, Bluetooth, Port USB 2.0, Port USB 3.0, VGA port, DVDRW, dan Port HDMI.

"Besar kecilnya hardware yang ada di dalam laptop tentu akan mempengaruhi kinerjanya. Karena saat ini kebutuhan saya hanya untuk mengerjakan tugas-tugas perkuliahan dan menonton film, spesifikasi standar terbilang masih cukup. Asalkan tidak lemot dan baterai bisa tahan lama," tegas Aulia.

Memilih laptop dari segi spesifikasi hardware juga dilakukan oleh Zakaria Al Anshori. Kerap kali sebelum membeli, ia akan membandingkan sisi prosesor, hardisk, RAM, dan layar laptop. Karena keempat perangkat tersebut akan mempengaruhi kinerja penggunaan sehari-hari.

"Untuk memudahkan saya memilih laptop yang memang sesuai dengan kebutuhan, seringnya saya lihat-lihat hasil review di Youtube. Supaya ada gambaran jelas sebelum membeli," imbuhnya.

Saat ini, Zaka, panggilan akrabnya, menggunakan laptop Fujitsu Lifebook PH521 E-450, yang mempunyai keunggulan pada jeroan AMD Dual-Core Processor E-450 dan sudah integrated Graphic Processor AMD Radeon (tm) HD 1.65 GHz. Selain itu, laptop ini memiliki ukuran layarnya 11.6 inchi dengan berat 1.45 kilogram dan dimensi (PTL) 209 x 32.9 x 285 mm.

Sedangkan kelebihan dari prosesor AMD E-450 yang tertanam di dalam Lifebook PH521 E-450, semakin memudahkan Zaka saat mengedit video. Kinerjanya terbilang lumayan cepat pada waktu merender, hal ini sesuai dengan sokongan RAM 4 GB yang membuat performa laptop tetap stabil.

"Kadang saya juga mempertimbangkan segi bentuk laptop. Misal, bentuknya bagus terasa lebih keren saja saat dibawa. Apalagi jika laptopnya tipis, jadinya lebih enteng, tidak memakan banyak tempat, dan juga tidak berat," kata Zaka.

Antara laptop bekas atau baru, bagi Zaka tidak begitu masalah. Balik lagi pada kejelian pembeli sebelum menentukan laptop yang diincar. Menurutnya, selama kondisi laptop masih terbilang bagus dan kinerjanya masih kencang tak masalah menentukan pilihan pada laptop second.

"Kalau saya punya anggaran lebih, pinginnya juga beli Macbook. Selain bentuknya yang simpel dan elegan. Laptop keluaran Apple ini juga dibekali aplikasi editing video yang gampang dan hasilnya pun memukau. Apalagi laptop ini sudah ditunjang software antivirus yang canggih," pungkasnya. (*)

Penulis: Nur Rochmah
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help