Pemkot Akan Gandeng Dishub dan Satlantas untuk Atasi Kemacetan PKL Taman KB di Shelter Baru

Maka dari itu pihaknya juga akan mencarikan solusi terkait resiko-resiko dalam pemindahan ke lokasi baru tersebut.

Pemkot Akan Gandeng Dishub dan Satlantas untuk Atasi Kemacetan PKL Taman KB di Shelter Baru
Tribunjateng.com/Hermawan Handaka
Pekerja sedang melakukan pembongkaran lapak Taman KB di Jalan Mentri Supeno, Mugassari, Semarang, Selasa (6/2/2018). Dinas Perdagangan Kota Semarang sudah menyiapkan relokasi pedagang kaki lima (PKL) Taman KB untuk menempati trotoar sepanjang Jalan Pandanaran II. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Reza Gustav

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto mengatakan bahwa pemindahan Pedagang Kreatif Lapangan (PKL) di Taman Menteri Supeno Semarang (Taman KB) ke shelter bahu Jalan Pandanaran 2 bukanlah penggusuran, melainkan penataan.

Maka dari itu pihaknya juga akan mencarikan solusi terkait resiko-resiko dalam pemindahan ke lokasi baru tersebut.

Salah satu resikonya adalah para PKL yang berjualan di shelter yang baru akan berdampak pada kepadatan arus lalu lintas di sana.

Hal ini sempat diungkapkan oleh Ketua DPRD Kota Semarang bahwa pemindahan PKL ke bahu Jalan Pandanaran Dua akan menyebabkan ketidakteraturan di lokasi tersebut, Selasa (13/3/2018).

Menanggapi hal itu, pada hari yang sama, Fajar menjelaskan pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak-pihak lain terkait, yakni Satlantas dan Dishub untuk melakukan rekayasa lalu lintas guna menghindari ketidakteraturan.

"Kami akan komunikasikan dengan Dishub dan kasatlantas mengenai rekayasa lalu lintas manakala nanti lalu lintas di Jalan Pandanaran Dua itu semakin padat," ungkapnya

Untuk diketahui, sambil menunggu dibangunnya shelter baru untuk para PKL, Fajar menjelaskan bahwa saat ini pedagang diperbolehkan untuk berjualan di beberapa titik.

Yakni di trotoar depan SMA Negeri 1 Semarang. 

"Mereka kami ijinkan untuk berjualan di depan SMA N 1 Semarang untuk sementara waktu. Dan kami juga sudah mengkomunikasikan dengan Satpol PP untuk tidak melakukan penindakan terkait dengan PKL Taman KB yang berjualan di bahu jalan," pungkasnya. (*)

Penulis: Reza Gustav Pradana
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help