SAR Jalin Kerjasama Dengan Polda Jateng

Kapolda Jateng, Irjen Condro Kirono menyambut baik adanya kerjasama ini dan berharap diimplementasikan dilapangan

SAR Jalin Kerjasama Dengan Polda Jateng
Istimewa

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Hermawan Handaka

TRIBUNJATENG.COM - Guna meningkatkan penyelenggaraan kegiatan pencarian dan pertolongan badan SAR, khususnya dalam kelancaran dan keberhasilan operasi SAR, Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang menjalin kerjasama dengan Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng).

Kerjasama yang merupakan lanjutan dari Memorandum Of Understanding (MoU)/Nota Kesepahaman antara Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan/Basarnas dengan Kepolisian Republik Indonesia/Polri tersebut tertuang dalam Penandatanganan Perjanjian Kerjasama/PKS yang diselenggarakan pada Selasa, 13 Maret 2018.

Kapolda Jateng, Irjen Condro Kirono menyambut baik adanya kerjasama ini dan berharap diimplementasikan dilapangan.

"SOP (Standard Operating Procedure) yang tertuang dalam kerjasama ini harus diimplementasikan di lapangan apalagi menghadapi wilayah Jawa Tengah yang karakteristik tingkat bencananya tinggi" ujar Condro.

"Poin-poin yang kita sepakati untuk kerjasama ini adalah sinergitas sumberdaya manusia, jadi kita kepolisian Jawa tengah ini, SDMnya silahkan bekerjasama, juga kalau ada pelatihan-pelatihan itu bisa kita sinergikan supaya ada pemahaman yang sama khususnya yang sering membidangi SAR seperti Sabhara, Ditpolair, Brimob, dan lain sebagainya" lanjut Condro.

Senada dengan yang diungkapkan oleh Kapolda, Nur Isrodin Muchlisin, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang juga bicara tentang sinergitas kerjasama ini.

"Ruang lingkup kerjasama ini meliputi dalam situasi normal dan darurat. Dalam normal tentunya yg dilaksanakan adalah mengedukasi masyarakat, melakukan sosialisasi, meningkatkan kompetensi melalui bimbingan teknis, pelatihan maupun simulasi. Sedangkan di situasi darurat, Masing-masing kita bersinergi untuk pemanfaatan sumber daya yang dimiliki dalam upaya pelayanan operasi SAR kepada masyarakat" ungkap Noer Isrodin.

Selain dihadiri langsung oleh Kapolda Jateng dan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang, Penandatanganan PKS ini juga dihadiri oleh para pejabat di lingkungan Polda Jateng dan pejabat dilingkungan Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang. (*)

Penulis: Hermawan Handaka
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved