Pilkada 2018

Ini Desain Surat Suara pada Pilkada Kudus

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus sudah memersiapkan desain surat suara yang akan digunakan pada Pilkada Kudus.

Ini Desain Surat Suara pada Pilkada Kudus
Tribunjateng.com/Rifqi Gozali
Contoh surat suara yang akan dicetak pada Pilkada Kudus 2018. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus sudah memersiapkan desain surat suara yang akan digunakan pada Pilkada Kudus. Desain surat suara tersebut juga bisa digunakan untuk kampanye pasangan calon.

Moh Khanafi, Ketua KPU Kudus mengatakan, desain digunakan pada surat suara mengacu pada ketentuan KPU pusat. Dengan jumlah calon terdapat lima pasang, nantinya akan disusun dalam tiga lajur.

"Di dalam surat suara terdapat tiga lajur. Lajur pertana kop surat suara, lajur kedua dan ketiga baru gambar pasangan calon," kata Khanafi, Rabu (14/3/2018).

Khanafi mengatakan, dua lajur terbawah disediakan untuk gambar pasangan calon. Pada lajur pertama akan diisi gambar pasangan calon nomor urut 1, 2, dan 3. Sedangkan jomor urut 4 dan 5 berada di lajur bawahnya.

"Desainnya sesuai dengan acuan pusat. Cara melipatnya pun secara horisontal. Jadi tidak ada pasangan calon yang dirugikan saat pemilih membuka surat suara," kata Khanafi.

Surat suara berukuran 27 x 34.5 sentimeter itu akan berisi foto lima pasangan calon. Oleh sebab itu, Khanafi meminta kepada setiap pasangan calon untuk menyerahkan foto terbaiknya.

Sedangkan untuk proses pencetakan surat suara akan dilakukan setelah penetapan daftar pemilih tetap (DPT). Jumlah surat suara yang akan dicetak yakni sejumlah DPT yang ditetapkan ditambah 2.5 persen sebagai cadangan.

"Memang pencetakan surat suara setelah penetapan DPT," tandas Khanafi. (*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved