Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Sepakat Ada Jalur Khusus Pesepeda, Asal Begini

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Joko Santoso, sepakat adanya jalur khusus bagi para pesepeda sebagaimana idealnya yang ada di kota-kota besar.

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Sepakat Ada Jalur Khusus Pesepeda, Asal Begini
Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan
JALUR SEPEDA - Jalur sepeda di kawasan Simpanglima, Kota Semarang, Jateng tidak dilintasi sebagaimana mestinya, Senin (30/12/2013). Pembuatan marka atau jalur sepeda di berbagai jalar motor dinilai kurang efektif, karena sebagian jalur digunakan sebagai tempat parkir dan pengendara sepeda tidak melitasi jalur yang sudah disediakan. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Joko Santoso, sepakat adanya jalur khusus bagi para pesepeda sebagaimana idealnya yang ada di kota-kota besar.

Akan tetapi perlu dilihat dari rencana pembangunan Kota Semarang yang sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) apakah masuk dalam perencanaan atau tidak.

Hal itu menyikapi adanya keluhan dari komunitas pesepeda Bike to Work terkait kemacetan lalu lintas dan tidak adanya jalur khusus pesepeda di Kota Semarang.

"Pemerintah tentu mempunyai skala prioritas dalam perencanaan pembangunan. Tapi pada dasarnya, jika penggunaan sepeda itu sudah masif, maka kami tentu akan mendorong pemenuhan fasilitas jalur khusus itu," katanya, Rabu (14/3/2018).

Hanya saja, problem utama di Kota Semarang saat ini adalah kemacetan lalu lintas yang kian hari selaku bertambah. Menurut Joko, Pemkot Semarang harus menyelesaikan problem utama itu dulu sehingga bisa menyediakan fasilitas lain para pengguna jalan.

"Perencanaan bus masal saja sampai saat ini belum terealisasi. Jadi menurut saya, Pemkot sesegera mungkin mengatasi kemacetan lalu lintas itu," desaknya.

Terlepas dari masalah kemacetan, Joko berharap antara kalangan pesepeda bisa duduk bersama dengan pemerintah. Sehingga, ada diskusi yang baik yang nantinya bisa menjadi acuan dalam pembangunan sarana jalan bagi banyak kalangan.(*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help