APHI Berhasil Ekspor Perdana 40 Meter Kubik Kayu Merbau ke Amerika

Awalnya pada 1994, pihaknya memproduksi kayu olahan jati. Namun karena pasokan terbatas, sejak 1998 telah beralih melakukan pengolahan kayu merbau

APHI Berhasil Ekspor Perdana 40 Meter Kubik Kayu Merbau ke Amerika
Tribunjateng.com/Raka F Pujangga
Jajaran dari Staf Ahli Kementerian Kehutanan, Hudoyo, Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono, dan perwakilan konsumen dari Amerika, melakukan pengiriman ekspor perdana kayu melalui ITE, di CV Indo Jati Utama Semarang, Senin (19/3/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Raka F Pujangga

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Era yang serba digital, menuntut Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) untuk melakukan inovasi dengan melakukan perdagangan kayu olahan secara online (e-commerce).

‎Melalui Indonesian Timber Exchange (ITE) yang dikenalkan sejak November 2017‎, konsumen dari luar negeri bisa membeli produk kayu olahan langsung dari produsen di Indonesia.

CV Indo Jati Utama menjadi pilot project sis‎tem tersebut dan mengawali debut perdana ekspor 40 meter kubik (m3) ke Amerika pada hari Senin (19/3/2018).

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI), Indroyono Susilo‎, sistem ITE yang mendukung transaksi produk kayu olahan itu mempertemukan antara produsen dan konsumen.

Melalui sistem tersebut, 40 hak pengusaha hutan (HPH) telah bergabung dan bisa melakukan ekspor.

‎‎"Ada sekitar 400 perusahaan yang ada di seluruh dunia, bisa bergabung di sini. Dengan e-commerce kami mencoba untuk mendekatkan antara produsen dan konsumen," ujar dia.

Sepanjang tahun 2017, transaksi produk kayu ‎dan kayu olahan mencapai 11 miliar dolar Amerika setiap tahunnya.

Jumlah itu diperkirakan akan meningkat, seiring kemudahan transaksi yang ditawarkan APHI melalui sistem ITE.

"Tidak perlu lagi konsumen datang ke Indonesia, cukup ‎melalui online tinggal klik saja yang jauh jadi terasa dekat," jelas dia.

Halaman
12
Penulis: raka f pujangga
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help