Kabupaten Tegal Maju ke Tingkat Nasional Ajang Penghargaan Pangripta

Kabupaten Tegal mewakili Jawa Tengah untuk maju ke tingkat nasional di ajang Pangripta Abipraya Awards 2018.

Kabupaten Tegal Maju ke Tingkat Nasional Ajang Penghargaan Pangripta
tribunjateng/bare kingkin kinamu
Kabupaten Tegal mewakili Jawa Tengah untuk maju ke tingkat nasional di ajang Pangripta Abipraya Awards 2018. 

Laporan Tribun Jateng, Bare Kingkin Kinamu

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Kabupaten Tegal mewakili Jawa Tengah untuk maju ke tingkat nasional di ajang Pangripta Abipraya Awards 2018.

Pasalnya, Kabupaten Tegal dinobatkan menjadi pemenang utama Pangripta Abipraya 2018 se-Jawa Tengah pada 29 Maret 2018.

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Tegal, Sinoeng Noegroho Rachmadi, mengemukakan penyerahan penghargaan Pangripta Abipraya Awards akan diserahkan oleh Plt Gubernur Jawa Tengah pada 11 April 2018.

Ada beberapa aspek yang dinilai di ajang Awards ini yakni perencanaan pembangunan dan pencapaian rencana pembangunan tahun sebelumnya.

Di Kabupaten Tegal, Bappeda dan Litbang melaksanakan proses perencanaan yang berbasis konsep partisipatori planning dengan mengedepankan partisipasi masyarakat sebagai titik strategis.

"Tentu saja mengakomodasi setiap usulan disesuaikan kapasitas keuangan daerah sehingga menjadi bijak menentukan skala prioritasnya," tutur Sinoeng Noegroho Rachmadi, Pjs Bupati Tegal.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tegal, Joko Widodo Mulyono, kepada Tribunjateng.com mengungkapkan pengembangan perencanaan di Kabupaten Tegal memiliki konsep mengurangi pengangguran dan kemiskinan termasuk progam teknis rumah tidak layak huni.

"Alhamdulillah Pak Harmanto, Kepala Bappeda dan Litbang, serta tim menjadi juara satu penilaian pengembangan perencanaan di Kabupaten Tegal," tutur Joko Widodo Mulyono, Sekda Kabupaten Tegal.

Pangripta Abipraya Awards 2018 merupakan ajang penilaian perencanaan pembangunan.
Dengan majunya Kabupaten Tegal di tingkat Nasional tentu ini merupakan signal baik untuk pembangunan di Kabupaten Tegal.

Sinoeng Noegrohi Rachmadi mengungkapkan jika Kabupaten Tegak memiliki progam "Ayo Sekolah Maning!" yang digagas kolektif elemen masyarakat.

"Progam "ayo sekolah maning" didukung oleh jajaran Pimpinan DPRD guna memberikan bantuan dana sekolah kepada siswa putus sekolah Tingkat SD dan SMP guna melanjutkan sekolahnya. Jenjang SD dan SMP inilah yg sesuai dg kewenangan Pemerintah Kabupaten," jelas Sinoeng.

Sineong juga mengungkapkan selama ia menjabat sebagai Penjabat Sementara Bupati Tegal hingga akhir Juni mendatang bisa meletakkan pondasi berupa budaya melayani dan interaksi ASN dengan masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan memanfaatkan media sosial.

"Saya tidak bisa berbuat sedikitpun untuk Kabupaten Tegal tapi berkat kinerja temen-teman ASN di bawah pimpinan Pak Sekda dan dukungan DPRD, kita bisa membawa budaya kerja ASN yang melayani," jelas Sinoeng. (*)

Penulis: Bare Kingkin Kinamu
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help