TribunJateng/

News Analisis

ANALISIS: Demak Sudah Ditetapkan sebagai Kantong Industri di Jateng

Kontribusi terhadap PDRB mencapai 29,63 persen (2016), tertinggi dibandingkan dengan sektor lain, pertanian (24,28 persen), dan perdagangan

ANALISIS: Demak Sudah Ditetapkan sebagai Kantong Industri di Jateng
Tribun Jateng
Liputan Khusus 

Oleh Wahyu Widodo

Pengamat Ekonomi

TRIBUNJATENG.COM - Sektor industri pengolahan di Demak pada dasarnya mempunyai potensi cukup besar untuk dikembangkan. Kontribusi terhadap PDRB mencapai 29,63 persen (2016), tertinggi dibandingkan dengan sektor lain, pertanian (24,28 persen), dan perdagangan (15,65 persen).

Selain itu, kontribusi industri pengolahan menengah-besar Demak di Jateng menempati posisi keempat setelah Kudus, Kabupaten Semarang, dan Kota Semarang.

Demak juga sudah ditetapkan sebagai kantong industri di Jateng, diikuti dengan pengembangan kawasan industri. Meski demikian, tantangan yang dihadapi Demak tidaklah mudah, apalagi jika ditargetkan bisa seperti Kabupaten Semarang.

Hal itu antara lain karena pengembangan kawasan industri masih dalam tahap awal, belum didesain dalam bentuk kongkrit sebagaimana kawasan industri modern.

Selain itu, ketersediaan infrastruktur terutama akses transportasi yang baik belum menghubungkan pusat industri, sumber input, dan pasar. Demak masih menghadapi permasalahan rob yang kronis, sehingga berpengaruh terhadap daya tarik investor untuk masuk.

Hal lain juga terkait dengan upah buruh cukup tinggi, sehingga menjadi beban produksi yang berat, terlebih sebagian industri yang ada adalah padat karya (labor intensive).

Kendala lain, secara geografis Demak berdekatan dengan daerah lain yang juga merupakan basis industri, sehingga menjadi kompetitor yang berat. Terlebih, daerah lain mempunyai infrastruktur yang lebih baik.

Untuk mengembangkan industri dan menarik investasi ke depan, Demak harus bisa menjamin masalah mendasar di atas dapat diselesaikan dan dibarengi dengan kebijakan dan hubungan industrial yang kondusif.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help