TribunJateng/

LPBI NU Bekali Masyarakat Agar Siap Hadapi Bencana

LPBI NU bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaksanakan program kesiapsiagaan bencana

LPBI NU Bekali Masyarakat Agar Siap Hadapi Bencana
TRIBUN JATENG/RIFQI GOZALI
Sejumlah relawan membantu proses evakuasi korban banjir dalam geladi lapangan program kesiapsiagaan bencana di Desa Karangrowo, Undaan, Kudus, Kamis (12/4/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaksanakan program kesiapsiagaan bencana di Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan, Kudus, Kamis (12/4/2018).

Acara ini  didukung oleh Pemerintah Australia melalui Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT). 

Dalam kegiatan tersebut dilakukan sejumlah peragaan saat terjadi bencana. Misalnya saat evakuasi warga lanjut usia di tengah kepungan air. Kontan ratusan warga ikut andil dalam kegiatan tersebut.

Desa Karangrowo merupakan desa rawan bencana banjir.

Pada tahun 2014 desa ini pernah mengalami banjir besar yang mengakibatkan terputusnya jalur dan enjadikan Desa Karangrowo terisolir.

Heri Darwanto Kepala Desa Karangrowo mengatakan, penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab semua pihak utamanya pemerintah.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan juga geladi lapangan.

Hal itu dinilai bisa menjadi pembelajaran bagi warga agar memahami tanda-tanda peringatan dini dan memahami jalur evakuasi yang tersedia, utamanya kelompok rentan sehingga bisa korban dan kerugian dapat diminimalisir.

Wahib Emha Direktur Tanggap Darurat PP LPBI NU mengatakan, ada dua desa di Kabupaten Kudus yang menjadi pilot project dalam program ini.

Halaman
12
Penulis: Rifqi Gozali
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help