TribunJateng/

Mercy Corps Ajak PKK Kota Semarang Berperan Kurangi Risiko Bencana Banjir

Peran perempuan dalam pengurangan risiko bencana yang terjadi di Kota Semarang cukup besar.

Mercy Corps Ajak PKK Kota Semarang Berperan Kurangi Risiko Bencana Banjir
TRIBUN JATENG/M ZAENAL ARIFIN
Anggota TP PKK Kota Semarang mengikuti lokakarya penguatan jaringan yang digelar Mercy Corps Indonesia di Hotel Grand Edge Semarang, Kamis (12/4/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Peran perempuan dalam pengurangan risiko bencana yang terjadi di Kota Semarang cukup besar.

Karenanya, Mercy Corps menggandeng PKK Kota Semarang dan jaringannya untuk berperan dalam upaya pencegahan bencana khususnya banjir.

Upaya pencegahan bencana banjir tersebut direalisasikan melalui program Transform.

Koordinator Program Transform Mercy Corps Indonesia, Nyimas Wardah mengatakan, perempuan bisa berperan besar dalam pencegahan bencana banjir karena sebagai pengendali rumah tangga.

"Kami berharap bisa mengambil peran dalam pencegahan bencana banjir. Maka kami mencoba melibatkan perempuan, dalam hal ini PKK dalam banyak akses dan jaringan," katanya di sela Lokakarya Penguatan Jaringan PKK di Hotel Grand Edge Semarang, Kamis (12/4/2018).

Pencegahan yang bisa dilakukan oleh kalangan perempuan yaitu terkait sampah.

Sebagaimana diketahui, sampah menjadi satu faktor yang menyebabkan banjir selain faktor alih fungsi lahan yang tidak sesuai ketentuan.

Dengan melakukan penyadaran kepada kalangan perempuan, setidaknya mereka nantinya memulai dari diri sendiri untuk menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

"Mereka juga nantinya bisa mengajarkan kepada anak dan lingkungan sekitar untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan. Sehingga hal ini dapat meminimalisir potensi terjadinya bencana banjir," ucapnya.

Halaman
123
Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help