74 Tim Robot Perguruan Tinggi Bakal Berkompetisi di UPGRIS

Seperti mekanisme di tahun-tahun sebelumnya, ada beberapa tahapan dalam kontes robot tingkat perguruan tinggi tersebut

74 Tim Robot Perguruan Tinggi Bakal Berkompetisi di UPGRIS
Tribunjateng.com/Deni Setiawan
Rektor UPGRIS Dr Muhdi didampingi beberapa pejabat meninjau secara langsung perkembangan persiapan menjelang pelaksanaan Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional 3 Tahun 2018 di Gedung Balairung UPGRIS Jalan Sidodadi Timur Nomor 24 Kota Semarang, Jumat (13/4/2018). Pada tahun ini, UPGRIS dipercaya untuk menjadi tuan rumah dalam gelaran rutin tahunan yang dilaksanakan Kemenristekdikti RI. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Ajang kompetisi rutin tahunan, Kontes Robot Indonesia (KRI) kembali digelar Direktorat Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI.

Seperti mekanisme di tahun-tahun sebelumnya, ada beberapa tahapan dalam kontes robot tingkat perguruan tinggi tersebut.

Sebelum melangkah di kompetisi tingkat nasional, setiap tim di tiap daerahnya harus berkompetisi terlebih dahulu di tingkat regional.

Dan di KRI Tahun 2018 ini, khususnya perguruan tinggi di Jawa Tengah, masuk ke kelompok Regional 3. Selain Jawa Tengah, masuk di dalamnya ada dari DI Yogyakarta, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

“Kami bersyukur dan berterima kasih karena di tahun ini, khusus di KRI Regional 3, kami dipercaya menjadi tuan rumah. Ini adalah tantangan tersendiri dan kami berkomitmen bisa menyambut seluruh kontestan tersebut,” kata Rektor Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) Dr Muhdi.

Kepada Tribujateng.com, Jumat (13/4/2018), Muhdi mengutarakan, sesuai data yang diterimanya, jumlah peserta yang bakal berkompetisi ada sekitar 74 tim robot dari sekitar 28 perguruan tinggi di keempat provinsi tersebut.

“Kegiatannya dilaksanakan selama tiga hari yakni mulai Senin (16/4/2018) hingga Rabu (18/4/2018). Pelaksanaan kontes tersebut kami pusatkan di Gedung Balairung UPGRIS Jalan Sidodadi Timur Nomor 24 Kota Semarang,” ucapnya.

Dari puluhan tim robot itu, lanjutnya, bakal terbagi di empat kategori atau divisi. Dimana pula di tiap divisinya memiliki tema masing-masing. Seperti Divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) bertemakan Robot Penari Remo.

“Divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) bertajuk Robot Pemadam Api Berkaki, Divisi Kontes Robot Abu Robocon Indonesia (KRAI) bertajuk Robot Lembar Bola Berkah, dan Divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) berupa Sepak Bola Robot Menuju Liga Sepak Bola Robot Tahun 2050,” paparnya.

Muhdi mengutarakan, secara umum persiapan telah dilakukan, tak terkecuali seluruh fasilitas pendukungnya dan diyakini mulai Minggu (15/4/2018) mendatang, pihaknya sudah siap menyambut para kontestan.

“Kontes robot ini adalah suatu kompetisi yang mahal. Dari robotnya saja sudah habiskan banyak dana. Karena itu kami tidak ingin sia-siakan kepercayaan tersebut. Semoga saja tahun depan bisa jadi tuan rumah KRI Tingkat Nasional,” bebernya.

Sehingga pula, tutupnya, UPGRIS sebagai tuan rumah bakal menjadi KRI Regional 3 Tahun 2018 tersebut menjadi suguhan yang meriah, disukai publik, dan lancar tanpa ada kendala apapun. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help