Dinkop dan UKM Jawa Tengah Akan Gelar UKM Culinary Festival di Kota Lama

Dinkop dan UKM Jawa Tengah Akan Gelar UKM Culinary Festival di Kota Lama Semarang pada 20-22 April.

Dinkop dan UKM Jawa Tengah Akan Gelar UKM Culinary Festival di Kota Lama
tribunjateng/m zainal arifin
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah, Ema Rachmawati, bersama Kabid Bina Usaha dan Pemasaran, Juli Emilia, memaparkan acara UKM Culinary Festival di Kota Lama Semarang pada 20-22 April mendatang. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Jawa Tengah akan menggelar UKM Culinary Festival di Kota Lama Semarang pada 20-22 April mendatang. Dalam festival tersebut, akan diramaikan 50 truk kuliner (food truck) dengan berbagai menu.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah, Ema Rachmawati mengatakan, kegiatan ini akan melibatkan peserta UKM food truck terbanyak di Indonesia.

"Oleh karena itu, rencananya akan kami usulkan agar bisa dicatat dalam Museum Rekor Indonesia," katanya, Jumat (13/4/2018).

Ia menuturlan, berjualan produk UKM makanan ala food truck ini belakangan mulai berkembang di kota-kota besar. di Jawa Tengah juga mulai banyak warga yang mengembangkan konsep berwirausaha seperti ini, mulai dari minuman, makanan, makanan ringan, dan sebagainya.

"Bisnis ini mampu menghasilkan omzet yang cukup menggiurkan. Di Jateng juga sudah banyak pelaku UKM khususnya kuliner yang menggunakan model food truck," paparnya.

Karena itu, pihaknya melibatkan pelaku UKM food truck tersebut menjadi salah satu bagian dari kegiatan UKM Culinary Festival. Selain itu, sejumlah agenda juga bakal meramaikan rangkaian kegiatan yang dihelat selama tiga hari itu.

Di antaranya pameran UKM, diorama dan miniatur, talkshow, konser musik, lomba akustik, lomba fotography, dan lain sebagainya.

"Kami tergetkan pengunjung festival kuliner ini per harinya bisa mencapai 2.500 orang," tuturnya.

Kabid Bina Usaha dan Pemasaran Dinkop dan UKM Jawa Tengah, Juli Emilia mengatakan, kegiatan UKM Culinary Festival ini merupakan sebuah festival jenis makanan dan minuman nusantara, dengan didukung berbagai jenis kegiatan. Para pelaku UKM nantinya akan menonjolkan kuliner khas Jawa nusantara khususnya yang menonjol di Jawa Tengah.

Dihelatnnya kegiatan ini, imbuh Ema, tentu bertujuan untuk meningkatkan citra Provinsi Jawa Tengah khususnya di bidang kuliner. Selain itu, memperkenalkan berbagai macam masakan nusantara, membuka kesempatan bagi para pedagang yang menjual makanan untuk memperkenalkan dagangannya bagi masyarakat luas.

"Yang tak kalah pentingnya adalah, sebagai wadah promosi bagi para pegiat UKM di Jawa Tengah," tambahnya.

Dari data Dinkop dan UKM Jawa Tengah, jumlah UKM tiap tahun mengalami peningkatan. Pada 2012, terdapat 80.583 UKM, pada 2013 meningkat menjadi 90.339 UKM, pada 2014 meningkat menjadi 99.681, tahun 2015 meningkat menjadi 108.937 UKM, dan pada akhir 2016 meningkat menjadi 115.751 UKM.

"Ratusan ribu UKM di Jawa Tengah itu perlu terus didorong keberadananya, karena sebagai basis ekonomi masyarakat," tandasnya. (*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help