DPR Minta Penanaman Mangrove Sekitar Bandara Ahmad Yani Harus Dihentikan, Berbahaya!

Politikus Gerindra ini juga menyampaikan keberatannya adanya penanaman mangrove sebanyak 24 ribu pohon

DPR Minta Penanaman Mangrove Sekitar Bandara Ahmad Yani Harus Dihentikan, Berbahaya!
tribunjateng/rahdyan trijoko pamungkas
Politisi Gerindra Bambang Haryo Soekartono meminta PT Angkasa Pura I tidak menambah penanaman Mangrove di Terminal Bandara 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Rahdyan Trijoko Pamungkas

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -Anggota DPR RI Komisi V Bambang Haryo Soekartono meninjau kesiapan Terminal Bandara baru Ahmad Yani Semarang, Minggu (15/4/2018).

Dalam kunjungannya, politikus Gerindra ini juga menyampaikan keberatannya adanya penanaman mangrove sebanyak 24 ribu pohon. Menurutnya mangrove merupakan habitat bagi burung yang membahayakan penerbangan.

"Nanti adanya mangrove maka banyak ikan disitu. Tentunya predator ikan yakni sekelompok burung bertubuh besar yaitu blekok, elang, ini bisa membahayakan penerbangan," tuturnya.

Dia mengatakan telah banyak ratusan maskapai penerbangan yang batal karena terbentur burung. Adanya benturan dengan burung tersebut bisa mengakibatkan kaca depan maupun mesin pesawat rusak.

"Mesin bisa rusak bila ada sekolompok burung yang terbang masuk ke dalam mesin pesawat. Jika masuk ke mesin turbin bisa terpengaruh dan pasti akan mendarat balik ke bandara lagi," terang Haryo.

Menurut Haryo, PT Angkasa Pura I jangan menambah penanaman Mangrove di area bandara baru. Namun menurut aturan penerbangan tidak benarkan adanya Mangrove di area terminal bandara.

"Mangrove sebenarnya tidak boleh, karena jika ada mangrove pasti ada predator yakni burung memburu makanan di area tersebut," kata dia.

Ia menuturkan dalam aturan penebangan internasional penanaman buah juga dilarang di area bandara. Oleh karena itu bandara harus steril di darat maupun udara.

"Jadi ini yang saya sampaikan ke Otoritas Bandara untuk menekankan agar tidak menanam mangrove lagi. Karena dampaknya berbahaya bagi penerbangan," pungkasnya.

Halaman
12
Penulis: rahdyan trijoko pamungkas
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help