5 PBBT Unnes Mendapat Pembiayaan dari Kemenristekdikti

Tahun ini, sebanyak lima startup binaan Inkubator Unit Bisnis LP2M Unnes memperoleh pembiayaan dari Kemenristekdikti

5 PBBT Unnes Mendapat Pembiayaan dari Kemenristekdikti
IST
Kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes), Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah.

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Tahun ini, sebanyak lima startup binaan Inkubator Unit Bisnis Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Semarang (LP2M Unnes) memperoleh pembiayaan pelaksanaan kegiatan pengembangan produk inovatif.

Kelima binaan tersebut dibiayai Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI melalui Program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) Tahun 2018.

Apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah PPBT yang dibiayai Pemerintah Pusat.

“Belum lama ini, kelima startup tersebut mengikuti Pelatihan PPBT Business Camp 2018 bersama sekitar 144 tenant lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Kegiatannya di Jakarta selama 6 hari, Senin (9/4/2018) hingga Sabtu (14/4/2018),” kata Kepala Inkubator Unit Bisnis LP2M Unnes, Dra Margunani.

Kepada Tribunjateng.com, Senin (16/4/2018), Margunani mengutarakan, kelima tenant atau produk yang dibiayai Kemenristekdikti RI melalui Direktorat PPBT tersebut yakni untuk PPBT Bio Flame Gel, Wood Drying Kiln, Hygie 6+, Sampah Muda, serta Smart Solar Home System.

“Dalam pelatihan itu, sekaligus penandatangan kontrak antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) Program PPBT dan Inkubator. Ini kami tinggal tunggu action dalam membuat produk tersebut sesuai propotype atau proposal yang telah diajukan sebelumnya,” katanya.

Dia menerangkan, tahun ini pihaknya mengusulkan sekitar 10 proposal Program Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT) dan sekitar 8 Program PBBT. Tetapi yang disetujui dan telah menandangani kontrak ada 2 proposal CPPBT dan 5 PPBT.

“Sesuai yang disampaikan Kemenristekdikti RI. Harapan kami pula, startup yang dibiayai tersebut bisa semakin bermanfaat bagi masyarakat secara luas dan ke depannya semakin banyak kemunculan karya-karya inovatif yang juga inspiratif,” jelasnya.(*)

Penulis: deni setiawan
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help