Audisi Sinden Idol IV Unnes Diminati 68 Pendaftar, 20 Besar Akan Tampil di Final

Audisi Sinden Idol IV Universitas Negeri Semarang (Unnes) telah dilaksanakan di Kampung Budaya Unnes Kampus Sekaran Gunungpati

Audisi Sinden Idol IV Unnes Diminati 68 Pendaftar, 20 Besar Akan Tampil di Final
TRIBUNJATENG/WAHYU SULISTYAWAN/dok
SINDEN IDOL- Dua sinden dan tim karawitan dari Ngesti Rahayu yang diusung oleh Kodim 0714 Salatiga pentas di aula Wisma Perdamaian, Kawasan Tugu Muda, Kota Semarang, Senin (13/9/2014). Audisi dan Festival karawitan yang diikuti 36 peserta ini dalam rangka memperingati ke 69 hari TNI dan HUT ke 64 Kodam IV Diponegoro 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -  Audisi Sinden Idol IV Universitas Negeri Semarang (Unnes) telah dilaksanakan di Kampung Budaya Unnes Kampus Sekaran Gunungpati Kota Semarang pada Sabtu (14/4/2018) kemarin.

Dalam pelaksanaannya, audisi dibagi menjadi dua kategori, yakni kategori pelajar dan mahasiswa ataupun umum. Dan sesuai data yang masuk, total ada sekitar 68 sinden yang mendaftar dalam gelaran tiap dua tahunan tersebut.

“Sesuai petunjuk teknis atau tata aturan tahapan pelaksanaan Sinden Idol IV Unnes tersebut, dalam audisi tersebut kami hanya memilih masing-masing 10 pendaftar di tiap kategorinya,” ucap Ketua Panitia Sinden Idol IV Unnes Prof Dr Agus Nuryatin.

Kepada Tribunjateng.com, Senin (16/4/2018), Dekan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unnes itu mengutarakan, dari 20 sinden terpilih tersebut mereka bakal unjuk gigi atau berkompetisi menjadi yang terbaik dalam final Sinden Idol IV Unnes pada 6 Mei 2018 mendatang.

“Semoga mereka yang terpilih bisa bersiap diri, menunjukkan kemampuan mereka masing-masing secara optimal. Dan sebagai bagian dari serangkaian Sinden Idol IV Unnes ini, mereka bakal mengikuti karantina pada 5 Mei 2018 atau sehari sebelum final,” terangnya.

Sekadar informasi, lanjut Agus, materi tembang yang wajib dibawakan tiap peserta dalam final tersebut yakni Jineman Rongeh dan Pelog Lima untuk kategori pelajar. Sedangkan pada kategori mahasiswa atau umum yakni Ladrang Pangkur.

“Selain tembang wajib, ada beberapa tembang gending pilihan yang juga bagian yang harus dibawakan tiap peserta. Karenanya, diharapkan mereka bisa mempersiapkan diri. Dalam karantina, selain sebagai pematangan materi, mereka juga bakal memperoleh berbagai ilmu tentang persindenan,” tukasnya.

Wakil Ketua Panitia Sinden Idol IV Unnes Bintang Hanggoro Putro menambahkan, secara umum konsep kegiatan serupa dengan yang sebelum-sebelumnya. Di tahun ini, ada penambahan kategori atau tak hanya bagi mahasiswa atau umum. Tetapi juga ada kategori pelajar.

“Semoga dari adanya kategori baru dalam ajang pencarian bakat pesinden muda tersebut, bisa membawa magnet positif khususnya berkaitan dengan nguri-nguri atau pelestarian budaya Jawa di Indonesia,” ucapnya.

Perlu diketahui, Sinden Idol IV Unnes yang diselenggarakan pula bersama Ikatan Keluarga Alumni Unnes, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tersebut juga ada pemberian anugerah penghargaan kepada beberapa pesinden sepuh Indonesia. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help