TribunJateng/

Besok, Puluhan Peserta Kontes Robot Indonesia Lakukan Ujicoba Lapangan di Upgris Semarang

Puluhan tim robotik dari berbagai perguruan tinggi peserta Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional 3 Tahun 2018 menjalani proses registrasi ulang

Besok, Puluhan Peserta Kontes Robot Indonesia Lakukan Ujicoba Lapangan di Upgris Semarang
TRIBUN JATENG/DENI SETIAWAN
Rektor UPGRIS Dr Muhdi didampingi beberapa pejabat meninjau secara langsung perkembangan persiapan menjelang pelaksanaan Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional 3 Tahun 2018 di Gedung Balairung UPGRIS Jalan Sidodadi Timur Nomor 24 Kota Semarang, Jumat (13/4/2018). Pada tahun ini, UPGRIS dipercaya untuk menjadi tuan rumah dalam gelaran rutin tahunan yang dilaksanakan Kemenristekdikti RI. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -  Hari ini, Senin (16/4/2018) puluhan tim robotik dari berbagai perguruan tinggi peserta Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional 3 Tahun 2018 menjalani proses registrasi ulang di Gedung Balairung Universitas PGRI Semarang (UPGRIS).

Dan sesuai jadwal, kegiatan tahunan yang diselenggarakan Direktorat Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI, dilaksanakan selama tiga hari atau berakhir pada Rabu (18/4/2018).

“Hari ini, proses registrasi ulang sekaligus pembekalan seluruh tim peserta KRI Regional 3. Besok, Selasa (17/4/2018) seluruh tim di empat kategori bakal menjalani ujicoba atau istilah lainnya seperti pemanasan,” kata Rektor UPGRIS Dr Muhdi kepada Tribunjateng.com, Senin (16/4/2018).

Adapun pelaksanaan lomba, lanjutnya, dilaksanakan pada Rabu (18/4/2018).

Artinya, pada hari ketiga itu, secara resmi KRI Regional 3 Tahun 2018 kontes tersebut dibuka Kemenristekdikti RI sekaligus di hari itu juga ditentukan siapa para juara di tiap kategorinya.

“Untuk tingkat regional, tahun ini kami dipercaya oleh Kemenristekdikti RI sebagai tuan rumah. Di tahun sebelumnya adalah Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Sebagai tuan rumah, kami sudah coba fasilitasi seluruh kebutuhan dan optimis tak ada kendala,” tuturnya.

Dia mencontohkan, dari sisi lapangan atau tempat penyelenggaraan KRI Regional 3 tersebut, dipilih gedung yang representatif. Yang dimaksud itu adalah Gedung Balairung UPGRIS Jalan Sidodadi Timur Nomor 4 Kota Semarang.

“Saat disurvei oleh tim Kemenristekdikti RI, pun dinilai sangat layak. Terlebih di dalam gedung tersebut ada tribun yang nantinya dipergunakan para pendukung tim tiap perguruan tinggi memberikan dukungannya,” terangnya.

Jadi, lanjutnya, gedung yang biasanya dipergunakan UPGRIS untuk kegiatan universitas seperti upacara wisuda maupun seminar nasional tersebut, secara langsung telah ada pemisahan ruang antara tim peserta dan pendukungnya.

“Total ada sekitar 74 tim robot yang berkompetisi dalam KRI Regional 3 Tahun 2018 itu. Puluhan tim itu dari 28 perguruan tinggi negeri dan swasta yang berada di Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan,” bebernya. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help