Jalan Darurat Penghubung Banjarnegara-Pekalongan Sudah Ditangani

Jalan darurat yang berlokasi di Desa Paweden dan menghubungkan Banjarnegara-Pekalongan sudah ditangani

Jalan Darurat Penghubung Banjarnegara-Pekalongan Sudah Ditangani
ISTIMEWA
Ruas jalan penghubung antar kabupaten, tepatnya di Desa Paweden, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, kembali ambles. 

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA - Jalan darurat yang berlokasi di Desa Paweden dan menghubungkan Banjarnegara-Pekalongan sudah ditangani setelah sebelumnya mengalami penurunan kualitas, kata Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono.

"Jalan tersebut sudah ditangani dengan melakukan cor beton," kata Budhi Sarwono di Banjarnegara, Minggu (15/4)

Dia menjelaskan saat ini jalan darurat tersebut mengalami penurunan kualitas akibat banyak dilalui kendaraan bertonase melebihi batas yang ditentukan.

"Seharusnya, sesuai aturan, kendaraan yang bertonase lebih dari tujuh ton tidak boleh melewati jalan darurat ini, kecuali bagi kendaran yang mengangkut BBM dan elpiji bagi kepentingan masyarakat," katanya.

Padahal, kata Bupati, jalan darurat tersebut mulai beroperasi pada 11 Maret 2018. Sebelumnya jalur Banjarnegara-Pekalongan yang berlokasi di Desa Paweden itu ditutup akibat bencana longsor dan pergerakan tanah di wilayah tersebut.

"Sempat dilakukan penutupan sementara satu ruas jalan di jalur tersebut untuk menyempurnakan cor beton sebelumnya," katanya.

Sistem buka tutup di jalur Paweden, tambah Bupati, dilakukan agar tidak terjadi kemacetan panjang dan juga menghindari terjadinya penumpukan kendaraan di jalur tersebut.

Bupati juga mengatakan jalur yang menghubungkan Banjarnegara-Pekalongan merupakan jalan provinsi.

"Namun karena banyaknya keluhan masyarakat sehingga Pemkab Banjarnegara bertindak cepat untuk mengatasi permasalahan kerusakan jalan di Paweden," katanya.

Hal tersebut, kata Bupati, juga perlu dilakukan untuk mengantisipasi musim mudik Lebaran 2018.

"Apalagi ini hampir bulan puasa dan Lebaran, dan jalur ini merupakan salah satu jalur utama bagi pemudik, sehingga harus diantisipasi agar lalu lintas saat arus mudik lancar," katanya. (ant)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help