TribunJateng/

Mercy Corps Beri Pelatihan Siaga Pencana Ratusan Ibu-ibu PKK

LSM Mercy Corps memberikan pelatihan siaga bencana kepada kelompok PKK di Kota Semarang, Senin (16/4) di hotel Grand Edge.

Mercy Corps Beri Pelatihan Siaga Pencana Ratusan Ibu-ibu PKK
tribunjateng/rahdyan trijoko pamungkas
LSM Mercy Corps memberikan pelatihan siaga bencana kepada kelompok PKK di Kota Semarang, Senin (16/4) di hotel Grand Edge. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Rahdyan Trijoko Pamungkas

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - LSM Mercy Corps memberikan pelatihan siaga bencana kepada kelompok PKK di Kota Semarang, Senin (16/4).

Lokarya bertajuk Membangun Ketahanan Terhadap Banjir Integrasi Gender dan pemberdayaan wanita diselenggarakan di hotel Grand Edge dihadiri tiga kelompok PKK dari Kelurahan Bulu Lor, Krobokan, dan Manyaran.

Manager Program Brige Mercy Corps, Eko Setyo Utamo menerangkan seminar ini merupakan hasil sosialisasi program Mercy Corps seluruh Indonesia terkait ketahanan banjir yang berkeadilan gender.

Program tersebut melibatkan laki-laki dan perempuan yang bekerja secara khusus dengan tiga kelompok PKK di Bulu Lor, Krobokan, dan Manyaran.

"Mereka sudah melakukan kerjasama dengan Mercy Corps sekitar 10 bulan untuk memperkuat program ketahanan bencana," tuturnya.

Kata dia, kegiatan Mercy Corps bekerjasama dengan LSM IUCII untuk mendukung terbentuknya kelompok siaga bencana di delapan kelurahan.

Sebelumnya, telah ada kelompok siaga bencana yang didominasi oleh kaum pria.

"Ini akan bermasalah jika ada penanganan bencana kemudian ada perempuan berkebutuhan khusus seperti ketersiadaan MCK khusus perempuan, sanitasi, pembalut kalau anggotanya laki-laki semua itu tidak terpikirkan,"ujarnya.

Oleh karena itu, pihak membentuk kelompok siaga bencana yang melibatkan kaum wanita agar lebih ramah dalam menolong lansia, balita.

Disamping itu kelompok PKK juga mempunyai banyak program namun sumber dayanya sedikit.

Kelompok PKK ini dapat menjalin jaringan dengan Undip, PT Marimas, PT Phapros, dan beberapa perusahaan yang dibidiknya untuk menjalankan programnya. (*)

Penulis: rahdyan trijoko pamungkas
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help