TribunJateng/

Pentingnya Pendekatan Psikososial Dilakukan Para Relawan Pasca Bencana

Dalam penanggulangan bencana, korban tidak hanya memerlukan bantuan secara material namun juga secara psikologi

Pentingnya Pendekatan Psikososial Dilakukan Para Relawan Pasca Bencana
Tribunjateng.com/Dina Indriani
Pelatihan dukungan psikososial oleh BPBD Kabupaten Batang, di Hotel Dewi Ratih, Senin (16/4/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani.

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Dalam penanggulangan bencana, korban tidak hanya memerlukan bantuan secara material namun juga secara psikologi.

Para relawan perlu mengetahui dan membekali diri dengan cara pendekatan secara psikososial kepada masyarakat yang terkena bencana pada pasca bencana.

Hal itu disampaikan oleh fasilitator tim BPBD Provinsi Jawa Tengah, Joko Supriyanto pada pelatihan dukungan psikososial penanggulangan bencana di Hotel Dewi Ratih, Senin (16/4/2018).

"Dalam penanggulangan bencana psikososial juga sangat penting dilakukan pada pasca bencana, sebab tidak hanya secara material atau fisikal saja namun juga secara psikis pada satu sisi perlu dipulihkan, cara memulihkan juga tidak boleh seadanya namun harus dengan pendekatan agar pemulihan lebih baik dari keadaan semula," terangnya.

Ia juga menambahkan bahwa pada pelaksanaannya relawan harus sama-sama bersinergi dengan menyamakan persepsi, diskusi pendekatan sehingga apa yang dilakukan bisa maksimal.

"Yang pertama perlu adanya penyamaan persepsi, dengan diskusi pendekatan atau bisa dikembangkan melalui budaya yang ada sebagai alat psikososial, untuk itu perlu berkoordinasi yang baik antar lembaga dan relawan sehingga apa yang dilakukan bisa bermanfaat," tuturnya.

Ia menjelaskan dalam pelatihan ini, peserta akan diberikan bekal treatment, dan cara pendekatan seperti apa yang seharusnya dilakukan dalam keadaan menenangkan korban pasca bencana.

"Tentunya nanti akan ada treatment-treatment tertentu serta cara pendekatan seperti apa yang dilakukan dengan berdiskusi, pada hal tertentu saling berempati dan melakukan pendekatan yang berbeda," jelasnya. (*)

Penulis: dina indriani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help