Tim Robot Undip Target Juarai KRI Regional 3 di UPGRIS

Tim Robot Undip menargetkan menjuarai dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional 3 Tahun 2018. Selasa (17/4/2018), seluruh tim ujicoba lapangan.

Tim Robot Undip Target Juarai KRI Regional 3 di UPGRIS
tribunjateng/m sofri kurniawan
Uji coba Kontes Robot Indonesia 2015 Regional III Jawa Tengah - DIY di USM Kota Semarang, Jumat (15/05/2015). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Tampaknya tim-tim robotik lain, tak hanya Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), tim robot Universitas Diponegoro Semarang juga menargetkan menjuarai dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional 3 Tahun 2018.

Sekadar informasi, pada Senin (16/4/2018), ini puluhan tim peserta KRI Regional 3 Tahun 2018 menjalani proses registrasi ulang sekaligus pula tecnikal meeting di UPGRIS sebagai tuan rumah. Selasa (17/4/2018), seluruh tim menjalani ujicoba lapangan.

Lalu pada Rabu (18/4/2018) merupakan pembukaan, penilaian kontes robot di tiap kategori, dan penentuan pemenang tim robot yang di tahun ini diikuti sekitar 74 tim dari 28 perguruan tinggi yang di Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

“Tahun ini, dalam KRI Regional 3, ada empat tim. Artinya di tiap kategori atau divisi, kami ikutserta berlaga. Di seluruh itu, tentunya, bisa peroleh hasil terbaik, mengukir prestasi, dan senantiasa mengharumkan nama baik Undip. Itu target kami,” kata Direktur Kemahasiswaan dan Karir Undip Drs Harjono Djoko Waloejo.

Kepada Tribunjateng.com, Senin (16/4/2018), dia mengungkapkan, tim robotik yang ikut serta berlaga dalam ajang rutin tahunan Direktorat Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI pun kini sedang mempersiapkan diri untuk laga lain.

“Pada Mei 2018 mendatang, tim robot tersebut juga mewakili Undip untuk ikuti laga atau kontes robot lanjutan di Kota Malang Provinsi Jawa Timur. Setidaknya, dari KRI Regional 3 tersebut, bisa sebagai bekal kesiapan untuk laga-laga berikutnya,” beber Harjono.

Sesuai data, tim robotik Undip yang diterjunkan dalam laga tersebut yakni Tim Bandhayudha untuk Kontes Robot Abu Robocon Indonesia (KRAI), Tim EWS Andromeda pada Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Berkaki.

“Lalu Tim EWS Barracuda pada Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda dan Tim EWS Bascorro untuk KRSBI Humanoid. Meskipun bukan tuan rumah, kami optimis tim Undip bisa memberikan yang terbaik sebagai modal di ajang berikutnya,” bebernya. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help