Tingkatkan Kapasitas Sosial Relawan, BPBD Gelar Pelatihan Psikososial

Untuk meningkatkan kapasitas sosial pasca bencana para relawan Kabupaten Batang, BPBD menggelar pelatihan Psikososial

Tingkatkan Kapasitas Sosial Relawan, BPBD Gelar Pelatihan Psikososial
Tribunjateng.com/Dina Indriani
Pelatihan Dukungan Psikososial Penanggulangan Bencana di Hotel Ratih, Senin (16/4/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani.

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Untuk meningkatkan kapasitas sosial pasca bencana para relawan Kabupaten Batang, BPBD menggelar pelatihan Psikososial, di Hotel Dewi Ratih, Senin (16/4/2018).

Hal itu dipaparkan oleh Kepala BPBD Kabupaten Batang, Ulul Azmi bahwa tujuan diadakannya pelatihan tersebut yaitu meningkatkan pemahaman psikososial, serta mengimplementasikan saat darurat pada pasca bencana.

"Dengan adanya pelatihan tujuannya untuk menyiapkan tenaga korban bencana sehingga bilamana diperlukan dapat diterjunkan untuk pendampingan psikososial, serta meningkatkan pemahaman psikososial dan mengimplementasikan langsung dengan optimal," paparnya.

Pelatihan ini diisi oleh Tim Fasilitator Tatts (Technical Assistance through Training Teams) BPBD Provinsi Jawa Tengah dengan materi cara pendekatan, sosialisasi dan penyamaan persepsi psikososial pasca bencana.

Diikuti 34 peserta yang terdiri dari ASN beberapa instansi, perwakilan keagamaan serta relawan yang ada di Kabupaten Batang.

Sementara itu, Wakil Bupati yang membuka pelatihan ini mengatakan psikososial penting dalam penanggulangan pada pasca bencana.

"Psikososial ini sangat penting, sebab yang dibutuhkan korban tidak hanya secara material, tetapi juga moral dan psikis," tuturnya.

Ia juga menghimbau para relawan untuk selalu waspada, dan bertindak yang terbaik.

"Dalam tugasnya para relawan harus selalu waspada dan bertindak yang terbaik. Serta selalu berkoordinasi dan bersinergi bersama dalam penanggulangan bencana," tandasnya. (*)

Penulis: dina indriani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help