TribunJateng/

Bawaslu Jateng Sebut 360.628 Pemilih Masih Bermasalah

PPL selalu berkoordinasi dengan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) setempat.

Bawaslu Jateng Sebut 360.628 Pemilih Masih Bermasalah
Kompas.com / Dani Prabowo
Ilustrasi DPT 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Petugas Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) bekerja keras untuk mengawasi dan mengontrol proses pemutakhiran data pemilih, agar jalannya pilkada serentak tahun ini berjalan sesuai dengan rel yang telah ditentukan.

PPL selalu berkoordinasi dengan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) setempat.

Petugas PPL di Kecamatan Tembalang, sebut saja Kamboja mengatakan petugas sering lembur guna memelototi daftar pemilih sementara (DPS), agar tak ada data pemilih yang salah atau terlewat.

"Kami pentelengi (pelototi, red) DPS dari awal sampai ahir, agar semua sesuai dengan yang seharusnya, tak ada kesalahan," ucapnya.

Diakui, dalam proses pemutakhiran data pemilih, kadang masih terjadi 'kesalahan' yang dilakukan PPDP atau PPS, sehingga menjadi temuan pihaknya. Namun, ia yakin kesalahan-kesalahan itu hanya bersifat teknis, dan tak disengaja.

Keyakinan ini timbul, sambung dia, lantaran ia sebelumnya juga pernah menjadi PPS, sebelum pada Pilgub Jateng 2018 ini menjadi PPL.

"Tidak mungkin PPS sengaja menggandakan data pemilih. Jika ada pemilih ganda atau semacamnya, bisa jadi karena itu kesalahan saat entry data saja, buka sengaja. Saya yakin seperti itu," ujarnya.

Terlebih, sambung dia, sebagai PPL ia hafal betul arus lalu lintas data penduduk di desa tempat domisilinya. Sebab, ia merupakan warga asli setempat, dan sering beriteraksi dengan petugas di kelurahan.

"Saya warga lokal, saya rasa-rasanya hampir hafal siapa saja warga sekitar. Sehingga tahu jika ada warga baru, warga pindah, atau warga meninggal," ucapnya.

Idealnya, sambung dia, PPL atau PPS memang warga asli sekitar. Sehingga, mereka hafal dengan kondisi lingkungan sekitar. Hal ini, tentu sangat berperan signifikan untuk meminimalisir potensi terjadinya kecurangan dalam proses pemilu, khususnya terkait dengan daftar pemilih.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help