Penyandang Disabilitas Perlu Dikawal Agar Hak Suara di Pilkada Terjamin

Penyandang disabilitas perlu mendapatkan pengawalan agar hak suara mereka terjamin pada Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018.

Penyandang Disabilitas Perlu Dikawal Agar Hak Suara di Pilkada Terjamin
TRIBUN JATENG/RIFQI GOZALI
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dhian Adi Putranto

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Penyandang disabilitas perlu mendapatkan pengawalan agar hak suara mereka terjamin pada Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018.

I Made Swastana, Ketua PPCI Kendal mengatakan sering kali dalam praktek kehidupan sehari-hari, penyandangng disabilitas kerapkali disepelekan. Padahal mereka mempunyai hak suara yag diatur dalam undang-undang.

"Hal itu jadi membuat para penyandang disabilitas menjadi enggan menggunakan hak suara mereka," terangnya, Selasa (17/4)

Made mengatakan baik penyandang disabilitas maupun masyarakat biasa memiiki hak suara yang sama. Ia berharap agar para penyandang disabilitas dapat difasilitasi dalam memilih dalam pemilu.

Ketua Panwascam Gemuh Zaenul Faridi mengaku pihaknya telah mendata jumlah penyandang disabilitas di Kecamatan Gemuh. Hal itu sudah ia sampaikan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan dan Panwaslu Kendal.

"Kami dari panwas berkomitmen agar semua warga mendapatkan hak suara mereka. Termasuk kaum disabilitas," paparnya.

Ia berharap KPU telah menyiapkan rencana strategis agar memberikan perlakuan khusus seperti desain bilik suara yang ramah bagi kaum disabilitas, alat bantu baca bagi yang tunanetra, dan fasilitas penunjang lainnya.(*)

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved