TribunJateng/

TMMD Kodim Pati Bangun 20 Jamban Kurang Sehat

Masih terdapat jamban milik warga Desa Godo, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati yang tidak sehat.

TMMD Kodim Pati Bangun 20 Jamban Kurang Sehat
ISTIMEWA
Masih terdapat jamban milik warga Desa Godo, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati yang tidak sehat. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Masih terdapat jamban milik warga Desa Godo, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati yang tidak sehat.

Jamban tersebut hajya terbuat dari bilik kayu, sementara untui penampungan kotoran hanya lubang galian tanah yang ditutup dengan anyaman bambu.

Setelah digunakan, tentu kotoran yang menumpuka akan menimbulkan bau tidak sedap. Hal itu srlain mengganggu penciuman juga bisa menyebabkan berbagai penyakit.

Melalui program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD), Kodim Pati akhirnya memberi bantuan berupa pembangunan jamban milik warga sebanyak 20 unit.

Koordinator TMMD Reguler ke-101Kapten Kav Sugeng mengatakan, bantuan tereebut diperuntukkan bagi masyarakat yang kurang mampu.

Adanya bantuan jamban sehat, dinilai bakal mampu merubah pola dan merubah sanitasi agar lebih sehat di lingkungan masyarakat.

"Sampai saat ini sudah berjalan 50 persen program jambanisasi di Desa Godo. Artinya masih ada 10 jamban yang harus kita bangun lagi," kata Sugeng, Selasa (17/4/2018).

Meski masih terdapat warga yang belum memiliki jamban sehat, pihaknya tidak bisa berbuat banyak. Ke depan tak lagi ada warga yang membuang kotoran di sungai.

Lebih dari itu, kesehatan sanitasi menjadi lebih diperhatikan oleh masyarakat.

"Maksud adanya program jambanisasi ini untuk mengajak warga Desa Godo hidup sehat, sadar tentang sanitasi sehat di lingkungan pemukiman, perlunya ketersediaan air bersih, pengelolaan pembuangan sampah, serta pembuangan kotoran," katanya.(*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help