Ujian Nasional

Soal Matematika di UNBK Lebih Sulit? Begini Penjelasan Mendikbud Muhadjir

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengungkapkan soal UNBK Matematika 2018 ini lebih sulit

Soal Matematika di UNBK Lebih Sulit? Begini Penjelasan Mendikbud Muhadjir
tribun jateng/akbar hari mukti
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy 

TRIBUNJATENG.COM - Apakah peserta ujian merasa bahwa soal ujian matematika tahun ini sulit? Jika iya, maka wajar karena memang ada perbedaan soal UNBK pelajaran Matematika tahun ini dibanding tahun lalu.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengungkapkan soal ujian nasional berbasis komputer (UNBK) Matematika 2018 ini lebih sulit dibandingkan tahun sebelumnya karena menyesuaikan standar internasional.

Soal yang dianggap sulit itu, kata Muhadjir, merupakan soal penalaran.

Jumlahnya pun tidak banyak, hanya 10 persen dari keseluruhan soal.

Muhadjir mengatakan, soal semacam utu harus diberikan untuk menyesuaikan dengan standar pendidikan internasional.

"Ini dilakukan sebagai ikhtiar untuk menyesuaikan secara bertahap standar kita dengan standar internasional, antara lain seperti standar Program for International Student Assessment (PISA),” ujar Muhadjir melalui keterangan tertulis, Selasa (17/4/2018).

Menteri Muhadjir mengatakan, pengenalan soal penalaran ini merupakan upaya untuk mengejar ketertingalan pencapaian kompetensi siswa Indonesia di tingkat internasional.

Selain itu, model soal penalaran dianggap salah satu tuntutan kompetensi dalam pembelajaran abad 21, yakni berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif.

Dengan begitu, kata dia, peserta didik diharapkan mampu menganalisa data, membuat perbandingan, membuat kesimpulan, menyelesaikan masalah, dan menerapkan pengetahuan pada konteks kehidupan nyata.

Menurut Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), soal UN tahun 2018 dikembangkan berdasarkan kisi-kisi yang disusun oleh Kemendikbud.

Halaman
12
Editor: iswidodo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help