Cegah Kampanye Politik di Masjid, MAJT Akan Gelar Halaqah Takmir se Jateng

MAJT akan menggelar halaqah pengelola masjid. Agar masjid sebagai tempat ibadah, bersih dari persoalan politik praktis.

Cegah Kampanye Politik di Masjid, MAJT Akan Gelar Halaqah Takmir se Jateng
TRIBUN JATENG/M NUR HUDA
Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di Jalan Gajah Raya Kota Semarang. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Menjelang pesta demokrasi di Indonesia, Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) akan menggelar halaqah pengelola masjid atak takmir se Jawa Tengah. Agar masjid sebagai tempat ibadah, bersih dari persoalan politik praktis.

Kegiatan ini akan digelar Sabtu (28/4/2018) di Perpustakaan MAJT, dan menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jawa Tengah beserta Masjid Agung Semarang dan Masjid Raya Baiturrahman.

"Masjid sebagai pusat kegiatan agama Islam diharapkan menjadi penjaga ukhuwah serta tidak menjadi panggung politik dan tempat kampanye bagi kepentingan-kepentingan politik praktis," kata Ketua DPP MAJT Dr H Noor Achmad, MA, Sabtu (21/4/2018). 

Masjid diharapkan untuk menjadi tempat edukasi bagi masyarakat, khususnya umat Islam agar memiliki kedewasaan dalam berpolitik.

Sehingga menghadapi tahun-tahun politik ini dapat tercipta ketertiban, kedamaian, dan keadilan dalam berpolitik. Utamanya agar tetap terjaganya persatuan dan kesatuan serta ukhuwah Islamiyyah.

"Diharapkan dapat membawa pada terciptanya kondisi ukhuwah wathaniyyah dan ukhwuwah basyariyah sebagai wujud dari doktrin agama Islam yang rahmatan lil alamin," jelasnya.

Mantan Rektor Universitas Wahid Hasyim Semarang ini juga mengingatkan pada seluruh pengelola masjid, untuk tetap mensyiarkan Islam tanpa ikut terseret dalam pengkotak-kotakan serta perpecahan umat.

Di sisi lain, para pengelola masjid diharapkan tetap memberikan panduan kepada umat Islam bagaimana memilih pemimpin sesuai dengan Syariat Islam yang berlaku di lingkungannya.

Rencananya, pembicara yang akan hadir antaralain Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan, Mahfudh MD (mantan Ketua Mahkamah Konstitusi) dan Mantan Gubernur Jawa Tengah Drs. KH. Ali Mufiz, MPA.

Sebagai pembicara utama, Ketua DPP MAJT akan menyampaikan “Fungsi Masjid dalam Membina Umat Islam untuk Perdamaian”.

Halaman
12
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help