Kabupaten Tegal Juara Satu Anugerah Bergengsi Pangripta Nusantara 2018

Kabupaten Tegal raih juara pertama di Penghargaan bergengsi Pangripta Nusantara 2018

Kabupaten Tegal Juara Satu Anugerah Bergengsi Pangripta Nusantara 2018
ISTIMEWA
Kabupaten Tegal meraih juara satu Anugerah Bergengsi Pangripta Nusanta 2018 di Jakarta, 30/4/2018. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Bare Kingkin Kinamu
TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Kabupaten Tegal raih juara pertama di Penghargaan bergengsi Pangripta Nusantara 2018 dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas.

Pangripta Nusantara merupakan penilaian di bidang perencanaan pembangunan dan realisasinya.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, memberikan langsung penghargaan tersebut kepada Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Tegal, Sinoeng Noegroho Rachamdi di Hotel Sahid Jakarta saat Musrenbangnas 2018, Senin (30/4/2018).

Pjs Bupati Tegal, Sinoeng Noegroho Rachmadi, dalam kesempatan tersebut didampingi oleh Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal.

Terkait Musrenbangnas 2018, Sinoeng Noegroho Rachmadi memiliki beberapa gagasan.

"Kami memiliki usulan terkait pengerukkan Sungai Kaligung,serta membuat Waduk di Jatinegara pada Musrenbangnas kali ini," tutur Sinoeng kepada Tribunjateng.com.

Untuk masalah penilaian Penghargaan Pangripta Nusantara 2018 Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal menjelaskan beberapa progam yang menarik tim penilai serta manfaatnya untuk masyarakat Kabupaten Tegal.

"Setelah lulus uji penilaian konsistensi dokumen RKPD 2018 dengan RPJMD Kabupaten Tegal 2014-2019 di tingkat nasional, Pemkab Tegal diundang untuk wawancara di Jakarta. Tidak tanggung-tanggung, tiga orang guru besar ditunjuk oleh Bappenas sebagai tim penilai independen," tutur Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal, Suharmato, yang pagi ini bersama Pjs Bupati Tegal mengikuti Musrenbangnas 2018.

Juara kedua yakni Kabupaten Lombok Utara dan ketiga adalah Kabupaten Banyumas.

Dalam kesempatan tersebut Suharmanto mengemukakan, satu di antara program inovasi unggulan daerah yang menarik perhatian tim penilai adalah Program Daerah Pemberdayaan Masyarakat (PDPM).

"Program yang pada awal pelaksanaannya berorientasi pada penataan lingkungan permukiman kumuh dan bergeser menjadi program penuntasan pembangunan jamban keluarga sehat ini dinilai realistis untuk mencapai target Kabupaten ODF 2019," imbuh Suharmanto.

Selain PDPM beberapa progam unggulan Kabupaten Tegal yang menginspirasi dan menarik tim penilai yakni program Lair Olih Akta (LOAKK), PSC 119, aplikasi PBB Online, Sistem Informasi Kesehatan Ibu dan Anak (SIKIA), penuntasan anak putus sekolah lewat gerakan Yuh Sekolah Maning, dan RTLH.

Pjs Bupati Tegal Sinoeng Noegroho Rachmadi dan Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal Suharmanto mengemukakan penghargaan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Tegal.

"Tahun sebelumnya Kota Slawi berhasil meraih penghargaan nasional di bidang lingkungan hidup, yakni Piala Adipura. Kami berharap, hal yang baik ini bisa diteruskan dan didukung semua pihak," imbuh Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal, Suharmanto.(*)

Penulis: Bare Kingkin Kinamu
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help