Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula Ajarkan Etika dan Moral Politik

Sebanyak 175 siswa siswi SMA dan SMK se-Kabupaten Batang mengikuti sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula

Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula Ajarkan Etika dan Moral Politik
TRIBUN JATENG/DINA INDRIANI
175 siswa-siswi se-Kabupaten Batang saat mengikuti Sosialisasi Pendidikan Politi Bagi Pemilih Pemula di Gedung Pramuka, Senin (30/4/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani.

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Sebanyak 175 siswa siswi SMA dan SMK se-Kabupaten Batang mengikuti sosialisasi politik'>pendidikan politik bagi pemilih pemula yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Batang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Batang di Gedung Pramuka, Selasa (30/4/2018).

Kepala Kesbangpol Batang, Agung Wisnu Barata mengatakan kegiatan ini merupakan sarana pembelajaran bagi siswa-siswi yang akan menjadi pemilih pemula agar mengetahui etika dan moral politik.

"Sebagai pemilih pemula harus mengetahui etika, dan moral politik, selain itu juga sebagai sarana untuk memberikan kesadaran hak dan kewajiban sebagai warga negara yang berpartisipasi aktif dalam kehidupan demokrasi berbangsa dan bernegara," terangnya.

Ia juga mengatakan bahwa politik'>pendidikan politik bagi pemilih pemula yang utama mengenai etika dan moral berpolitik yang baik berdasarkan nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran agama.

"Nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila karena itu sebagai dasar pandangan hidup dalam berbangsa dan bernegara sehingga mengetahui hak dan kewajiban dan tanggung jawabnya sebagai warga negara," jelasnya.

Ia berharap dengan adanya sosialisasi ini, para siswa bisa menyalurkan pengetahuannya kepada para pemilih pemula yang lainnya sehingga bisa tercipta demokrasi yang baik.

Satu diantara siswa SMKN 1 Batang, Nikmah mengatakan bahwa dengan adanya sosialisasi ini dirinya semakin mengerti dan mempunyai gambaran mengenai politik.

"Sebagai calon pemilih pemula yang sebelumnya tidak paham, alhamdulillah dari sosialisasi ini bisa lebih mengerti dan mempunyai gambaran mengenai politik," tuturnya.

Ia juga mengatakan siap untuk menggunakan hak dan kewajibannya pada Pilgub depan.

"Saya siap menggunakan hak pilih dan siap menjadi pemilih yang cerdas," tandasnya.

Penulis: dina indriani
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help