Tak Berunjuk Rasa, Ratusan Buruh di Batang Rayakan dengan May Day is Fun Day.

"Makanya kita ubah kegiatan may day dengan pengobatan gratis, donor darah, pelayanan perpanjangan SIM dan STNK," tuturnya

Tak Berunjuk Rasa, Ratusan Buruh di Batang Rayakan dengan May Day is Fun Day.
Tribunjateng.com/Dina Indriani
Kegiatan May Day is Fun Day yang diikuti ratusan buruh se-Kabupaten Batang di Lapangan Kampus Dracik, Senin (1/5/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani.

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Hari Buruh Internasional yang jatuh tiap tanggal 1 Mei, biasanya dimanfaatkan para buruh untuk merayakannya dengan melakukan aksi unjuk rasa.

Namun hal berbeda dilakukan oleh ratusan buruh yang ada di Kabupaten Batang mereka merayakannya dengan aksi kumpul dengan Pengusaha, Pemerintah dan Buruh (Tripartit) menggelar doa bersama, donor darah, pengobatan gratis, pelayanan SIM, pelayanan STNK dan diramaikan orkes dangdut.

Bupati Batang Wihaji yang hadir dalam kegiatan May Day is Fun Day mengatakan bahwa kegiatan ini diinisiasi oleh Kapolres Batang yang mengundang perwakilan karyawan perusahaan se-Kabupaten Batang.

"Kegiatan ini menunjukan keharmonisan pemerintah, pengusaha dan buruh karyawan sesuai dengan temanya May Day is Fun Day," ujar Wihaji.

Ia juga berharap Batang menjadi bagian dari contoh yang baik dan kondusif meski tetap memperjuangkan kesejahteraan buruh, untuk itu kami tetap mengakomodir aspirasinya dilihat dari Upah Minimal Kabupaten (UMK), Kabupaten Batang sudah mencapai di nomor 8 se-Jawa Tengah.

"UMK sudah lumayan sebesar Rp.1.749.900 walau kurang sedikit atau 99% UMR, artinya sudah bagus, oleh karena itu kalau ada masalah apapun untuk dimusyawarahkan melalui Tripartid yaitu buruh atau karyawan, pengusaha dan pemerintah," tuturnya

Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga mengatakan, bahwa kegiatan ini dikemas agar may day tidak menjadi sesuatu yang menakutkan, tetapi dirubah kondisinya dengan kegiatan - kegiatan positif bermanfaat untuk masyarakat dan bermanfaat pula bagi buruh sendiri.

"Makanya kita ubah kegiatan may day dengan pengobatan gratis, donor darah, pelayanan perpanjangan SIM dan STNK," tuturnya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan agar kegiatan may day benar - benar merubah kondisi yang selama ini menakutkan masyarakat dengan berbenturan dengan aparat karena demo yang tidak tersampaikan aspirasinya.

Halaman
12
Penulis: dina indriani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help