Jelang Pengumuman Kelulusan SMA Sederajat, Polres Semarang Siagakan Petugas di Jalan Utama

Pengumuman kelulusan SMA/SMK akan dilakukan Kamis (3/5/2018). Murid tidak melakukan perayaan kelulusan berupa corat-coret

Jelang Pengumuman Kelulusan SMA Sederajat, Polres Semarang Siagakan Petugas di Jalan Utama
tribunjateng/hermawan handaka
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Amanda Rizqyana

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Pengumuman kelulusan SMA/SMK akan dilakukan Kamis (3/5/2018).

Budi Santoso selaku Humas SMA Negeri 1 Ungaran menghimbau bagi murid tidak melakukan perayaan kelulusan berupa corat-coret yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

"Siswa juga kami imbau untuk menghindari menggelar perayaan berupa pesta yang tidak bermanfaat seperti menggunakan alkohol, narkoba, dan lain sebagainya," imbuh Budi, Rabu (3/5/2018).

Tahun ini jumlah murid kelas XII yang mengikuti ujian nasional sebanyak 390 murid.

Ia juga menambahkan para siswa kelas XII diminta untuk mengumpulkan pakaian seragam mereka untuk disumbangkan dan dapat bermanfaat bagi adik tingkat mereka.

Menurut Budi, imbauan tersebut telah berlaku bagi para calon lulusan di SMA Negeri 1 Ungaran sejak beberapa tahun sebelumnya setiap menjelang kelulusan.

Selain itu, siswa-siswi juga telah diinformasikan melalui web sekolah maupun melalui imbauan lisan yang disampaikan oleh para guru sebelum waktu kelulusan tiba.

Selain imbauan tersebut, Budi menambahkan, esok para siswa yang datang untuk menjemput pengumuman kelulusan diminta untuk mengenakan seragam identitas sekolah berupa batik saat mendampingi orang tua menerima pengumuman kelulusan.

Hal tersebut juga menjadi bagian dari upaya pencegahan aksi corat-coret para siswa.

Terkait sanksi yang diberikan bila terdapat siswa yang melakukan aksi corat-coret ataupun konvoi, Budi mengatakan karena status para siswa sudah lulus, mereka hanya mendapat teguran lisan maupun peringatan dari pihak sekolah.

"Kami berharap para siswa dapat menerima pengumuman kelulusan secara baik," tutur Budi.

Selebrasi yang biasa dilakukan oleh siswa di SMA Negeri 1 Ungaran guna merayakan kelulusan biasanya ialah pemberian bunga pada para guru sebagai ucapan terima kasih.

Ditambahkan oleh AKP Teguh Susilo Hadi selaku Kasubbag Humas Polres Semarang bahwa antisipasi yang dilakukan oleh jajaran Polres Semarang terkait konvoi perayaan kelulusan SMA/SMK ialah meningkatkan anggota di lapangan khususnya di jalan-jalan utama.

"Kami juga menggerakkan para Bhabinkamtibmas guna memberi imbauan melalui pihak sekolahan agar para siswa tidak melakukan euforia di jalanan," pungkas Teguh.(*)

Penulis: amanda rizqyana
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved