Pemkot Tegal Targetkan 2000 Sertifikat Tanah Untuk Tahun 2018

Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal menargetkan 2000 penyelesaian Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) pada tahun 2018.

Pemkot Tegal Targetkan 2000 Sertifikat Tanah Untuk Tahun 2018
akhtur gumilang
Pemkot Tegal Targetkan 2000 Sertifikat Tanah Untuk Tahun 2018 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL - Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal menargetkan 2000 penyelesaian Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) pada tahun 2018. 

Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Tegal Achmad Rofai menyebut, Kantor Pertanahan Kota Tegal sudah melakukan sosialisasi baik di tingkat Kota maupun di Kelurahan-kelurahan Se-Kota Tegal terkait sertifikat tanah.

Selain itu, Pemkot Tegal juga memfasilitasi para lurah-lurahnya untuk membentuk kelompok masyarakat yang bertugas mengkoordinir pemohon pengurusan PTSL.

"Tak hanya itu, perangkat kelurahan juga masuk dalam keanggotaan Panitia Ajudikasi Percepatan," kata Achmad, setelah mengikuti acara di gedung Grahadhika Bhakti Praja, Semarang, Rabu (9/5/2018).

Sementara itu, Dirjen Hubungan Hukum Keagrariaan Kementerian Agraria dan Tata Ruang Djamaluddin, yang merupakan pembicara dalam acara tersebut menyampaikan bahwa Provinsi Jawa Tengah merupakan Provinsi yang sudah memenuhi target.

Di tahun 2017, Provinsi Jawa Tengah telah mensertifikatkan 640 ribu bidang tanah.

Sedangkan di tahun 2018 ini, Provinsi Jawa Tengah menargetkan PTSL sebanyak 1,2 juta bidang tanah.

Djamaluddin menyampaikan program reforma agraria ini merupakan upaya pemerintah untuk menciptakan kepastian hukum kepada masyarakat terhadap legalisasi aset.

"Selain mengurangi konflik atas kepemilikan tanah, warga juga bisa mempergunakan sertifikat itu untuk hal lain, seperti modal usaha dan semacamnya," terangnya. (*)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help