Percantik Ruangan dengan Tanaman Hias dan Bunga Palsu

Salah satu cara yang kerap digunakan pemilik rumah adalah dengan menghadirkan tanaman hias ataupun bunga.

Percantik Ruangan dengan Tanaman Hias dan Bunga Palsu
tribunjateng/desta leili kartika
Percantik Ruangan dengan Tanaman Hias dan Bunga Palsu 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Setiap orang pasti mendambakan tempat tinggalnya indah dan menawan. Banyak cara dilakukan agar rumah tambah menawan baik di dalam ataupun di luar ruangan.

Salah satu cara yang kerap digunakan pemilik rumah adalah dengan menghadirkan tanaman hias ataupun bunga. Tanaman hias dan bunga sejak dulu sudah digunakan masyarakat untuk mempercantik dekorasi di dalam maupun rumah. Selain itu, kehadiran bunga dan tanaman hijau juga memberi kesan sejuk serta segar.

Namun, bagi masyarakat yang tinggal di kota, belum tentu bisa menanam tanaman hias maupun bunga. Kekurangan tempat kerap jadi alasan. Selain itu, kesibukan harian bikin masyarakat di kota malas merawat tanaman hias yang cenderung menyita waktu.

Salah satu solusi yang dipilih orang kota terkait hal itu adalah tanaman sintetis. Wujudnya yang sangat mirip tanaman ataupun bunga asli bikin banyak orang kepincut. Selain itu, tanaman sintetis juga akan tampak selalu segar dan jika sudah bosan, kita bisa langsung menggantinya.

Jika Anda hendak membeli tanaman sintetis, bisa datang ke Toko Ratu Paksi di Jalan Pemuda Nomor 32 Semarang. Toko ini menyediakan berbagai tanaman dan bunga sintetis dalam pot mini. Selain itu, ada juga bunga dari bahan kain. Meski demikian, bunga dan tanaman yang dijual di toko ini sangat mirip dengan aslinya.

Pelayan Toko Ratu Paksi, Indah mengatakan, banyaknya peminat tanaman sintetis dikarenakan gaya hidup masyarakat yang menginginkan segalanya serba simpel. Bunga dan tanaman sintetis, jelas dia, tidak memerlukan perawatan khusus misalnya rutin menyirami. Perawatannya, cukup dilap dengan air. Selain itu, dibandingkan asli, tentu tanaman dan bunga sintetis lebih awet.
"Jika bunga atau tanaman asli, merawatnya butuh waktu. Ditanam di dalam rumah juga kadang tidak maksimal karena kurangnya sinar matahari," terang Indah.

Sementara untuk jenis tanaman yang paling diminati konsumen adalah bonsai. Di Toko Ratu Paksi, lanjut dia, bonsai paling banyak variasinya. Selain itu, bonsai juga identik dengan keunikan serta nilai artistik tinggi.

Selain bonsai, varian lain yang dijual di Ratu Paksi adalah jenis bunga. Mulai dari mawar, anggrek hingga bunga matahari. "Pembelinya dari kalangan remaja hingga orang tua. Harga satuan di kisaran Rp 40 ribu hingga Rp 90 ribu tergantung bahan yang digunakan," tambah dia.

Selain di Toko Ratu Paksi, Anda juga bisa mendapati tanaman hias sintetis di Toko Satria di Jalan Pemuda Nomor 26. Bedanya dibanding Ratu Paksi, Toko Satria menyediakan pot yang diberi tambahan potongan karung goni untuk mempercantik tampilan.

Karyawan Toko Satria, Dewi mengatakan, pihaknya mematok Rp 30 ribu hingga Rp 70 ribu per satuan tanaman maupun bunga hias sintetis. Selain bahan, hal lain yang mempengaruhi harga tanaman hias mini adalah jenis pot.

"Jika pot dari keramik pastinya lebih mahal dibanding pot dari palstik," ucap dia.
Menurut Dewi, bentuk pot juga jadi pertimbangan konsumen sebelum membeli. Oleh karena itu, pot dengan tambahan aksesoris semisal potongan karung goni, pita, ataupun tali tambang kecil lebih disukai konsumen.

"Konsumen tidak sekadar melihat bunga dan tanaman saja. Namun keunikan pot juga jadi pertimbangan sebelum beli tanaman dan bunga sintetis mini," tandasnya. (tribunjateng/cetak/dta)

Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help