14 Finalis Perebutkan Gelar Sinok dan Sithong Kota Tegal 2018

Pemerintah Kota Tegal menggelar Grand Final ajang Pemilihan Duta Wisata di gedung Adipura kawasan Balai Kota Tegal, pada Rabu (9/5/2018)

14 Finalis Perebutkan Gelar Sinok dan Sithong Kota Tegal 2018
tribunjateng/akhtur gumilang
Pemerintah Kota Tegal menggelar Grand Final ajang Pemilihan Duta Wisata di gedung Adipura kawasan Balai Kota Tegal, pada Rabu (9/5/2018) kemarin. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL - Pemerintah Kota Tegal menggelar Grand Final ajang Pemilihan Duta Wisata di gedung Adipura kawasan Balai Kota Tegal, pada Rabu (9/5/2018) kemarin.

Sebanyak 14 finalis pemilihan duta wisata itu akan saling beradu gagasan untuk menyandang status pasangan 'Sinok dan Sithong' tahun 2018.

Dalam hal ini, Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disporpar) Kota Tegal, Cucuk Haryanto mengatakan, pasangan duta wisata ini memiliki peran penting untuk pembangunan Kota Tegal.

"Khususnya bidang pariwisata.Pemkot ingin mempromosikan pariwisata dengan fokus kearifan lokal. Sebab, beberapa waktu sebelumnya, masyarakat kurang tertarik dengan segudang kearifan lokal milik kita sendiri," papar Cucuk kepada Tribunjateng.com.

Menurutnya, saat ini ada kecenderungan masyarakat memiliki keinginan untuk hidup dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami.

Maka dari itu, peran Sinok dan Sithong ini harus mempromosikan cara-cara yang lebih ramah lingkungan dengan bersifat kedaerahan dan budaya tradisional.

"Meskipun kini Kota Tegal dinamis dan modern, Sinok dan Sithong ini harus jeli memanfaatkan kearifan lokal. Sebab, hal ini mampu meningkatkan daya jual lewat potensi wisata agar orang-orang mau datang ke Kota Tegal,” terangnya.

Lebih lanjut, Cucuk juga berpesan agara para finalis belajar mengenal potensi dan budaya kota kelahiran.

Selain itu, kata Cucuk, Sinok dan Sithong terpilih nanti harus mampu mempromosikan wisata di Kota Tegal.

"Bukan hanya pada masyarakat lokal, melainkan juga dari daerah lain dan bahkan internaisonal. Penting saya pesankan, kepada para duta wisata Kota Tegal harus mampu berbahasa indonesia dengan baik dan bisa berbahasa daerah, juga harus mampu menguasai bahasa inggris," pesan Cucuk. (*)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help