Ramadan 2018

Jelang Ramadan, Warga Ramai-ramai Cuci Karpet di Sendang Senjoyo Tengaran

Jelang Ramadan, Warga Ramai-ramai Cuci Karpet di Sendang Senjoyo Tengaran Kabupaten Semarang, Kamis (10/5/2018).

Jelang Ramadan, Warga Ramai-ramai Cuci Karpet di Sendang Senjoyo Tengaran
tribunjateng/ponco wiyono
Jelang Ramadan, Warga Ramai-ramai Cuci Karpet di Sendang Senjoyo Tengaran Kabupaten Semarang, Kamis (10/5/2018). 

Laporan wartawan Tribun Jateng, Ponco Wiyono

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Kawasan mata air Senjoyo di Desa Tegalwaton, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang menjadi ajang cuci karpet bagi puluhan warga, pada Kamis (10/5/2018).

Mereka datang dari pemukiman di sekitar sendang yang disebut-sebut pernah menjadi petilasan Joko Tingkir itu.

Menurut pengelola sendang, Edi Siswanto (32), kawasan tersebut ramai sejak pagi. Padatnya pengunjung yang sengaja datang mencuci karpet menyambut datangnya Ramadan itu bahkan sempat membuat macet jalan di lingkungan tersebut.

"Sebenarnya tidak ada alasan khusus, namun warga percaya dengan mencuci karpet di bendungan aliran air Kali Senjoyo maka ibadah di bulan puasa nanti akan lebih khusyuk," katanya.

Guntur (29), pemuda asal Desa Klero ini mengaku rutin mengunjungi mata air tersebut untuk mencuci karpet milik musala di dekat tempat tinggalnya.

Guntur bersama rekan-rekan memanfaatkan tanggal merah untuk membawa karpet musala ke Sendang Senjoyo agar bisa dibersihkan menggunakan air dari sendang itu.

"Beramai-ramai datang karena tugas kami ada yang menyikat karpet dan memeganginya agar tidak terbawa aliran air," jelasnya.

Sementara seorang warga yang pemukiman sekitar sendang bernama Herman, mengatakan menjelang bulan puasa ini warga juga akan berdatangan ke sendang untuk membersihkan diri.

"Ini masih seminggu sebelum masuk malam tarawih pertama, mungkin minggu nanti akan banyak orang padusan di sini sampai malam hari seperti tahun-tahun sebelumnya," ungkap Herman. (*)

Penulis: ponco wiyono
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved