TBM Sakilakerti Tegal Resmikan Kampung Literasi

Taman Baca Masyarakat (TBM) Sakilakerti meresmikan Kampung Literasi di Kelurahan Panggung

TBM Sakilakerti Tegal Resmikan Kampung Literasi
TRIBUN JATENG/AKHTUR GUMILANG
Direktur Pendidikan Pembinaan Kesetaraan dan Keaksaraan Ditjen Kemendikbud, Abdul Kahar (kanan) saat melihat kampung literasi, Jumat (11/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL - Taman Baca Masyarakat (TBM) Sakilakerti meresmikan Kampung Literasi di Kelurahan Panggung RT 4 RW 4, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, pada Jumat (11/5/2018) pagi ini.

Dalam persemian itu, adapun hadir Direktur Pendidikan Pembinaan Kesetaraan dan Keaksaraan Ditjen Kemendikbud, Abdul Kahar, Kapala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud), Joharudin, dan Pendiri Kampung Literasi, Yusqon.

Dalam hal ini, Abdul Kahar mengapresiasi terbentuknya kampung literasi yang ternyata baru ada lima di Jawa Tengah.

"Kampung literasi baru ada lima di Jateng. Salah satunya di Kota Tegal. Hal ini tentu langkah bagus," kata Abdul kepada Tribunjateng.com, Jumat (11/5/2018).

Ia menyebut, kriteria dari sebuah kampung literasi adalah dengan hadirnya ruang baca yang mudah diakses oleh masyarakat.

Selain itu, kata Abdul, adanya angka penurunan buta aksara menjadi tolak ukur sebagai kampung literasi.

"Kebetulan angka pemberantasan buta aksara di Kota Tegal terus menurun. Upaya ini harus ditingkatkan terus," lanjut Abdul.

Sementara itu, Yusqon yang juga merupakan Ketua Pengelola TBM Sakilakerti mengungkapkan, kampung literasi yanh diresmikan ini tidak hanya menjadi pajangan saja.(*)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help