Universitas Lambung Mangkurat Gandeng Sido Muncul untuk Kerja Sama Riset

Enam orang pejabat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat mengunjungi PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Bergas

Universitas Lambung Mangkurat Gandeng Sido Muncul untuk Kerja Sama Riset
amanda rizqyana
Enam orang pejabat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat mengunjungi PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Bergas, Kabupaten Semarang pada Senin (14/5/2018) sore. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Amanda Rizqyana

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Enam orang pejabat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat mengunjungi PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Bergas, Kabupaten Semarang pada Senin (14/5/2018) sore.

Mereka yang hadir ialah Prof  Zairin Noor selaku Dekan Fakultas Kedokteran, Dr Nia Kania selaku Ketua Unit Pusat Penelitian Fakultas Kedokteran, dr Istiana selaku Wakil Dekan II Fakultas Kedokteran, dr  Edyson selaku Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran, Dr Erida Wydiamala selaku Sekretaris Unit Pusat Penelitian Fakultas Kedokteran, dan Rachmawati selaku Sekretariat Unit Pusat Penelitian.

Mereka mengunjungi Semarang Herbal Indoplant, pabrik baru Tolak Angin, pabrik kapsul Sido Muncul, dan berkeliling di laboratorium penelitian dan pengembangan dan quality control Sido Muncul.

Pada akhir kunjungan, para akademisi bertukar pikiran dan gagasan dengan Irwan Hidayat, Direktur Sido Muncul. Mereka berbincang tentang sejarah dan perkembangan Sido Muncul sambil mencicipi produk-produk Sido Muncul. Pihak Universitas Lambung Mangkurat menyampaikan kemungkinan adanya kerja sama pusat riset Universitas Lambung Mangkurat dengan Sido Muncul.

"Kami berharap agar hasil riset yang dilakukan oleh para dosen tidak hanya sekadar laporan tertulis di jurnal Internasional, namun kami juga ingin hasil riset tersebut dapat berkembang sebagai produk yang dapat diproduksi untuk masyarakat," terang Zairin Noor.

Menanggapi permintaan kerja sama riset dari Universitas Lambung Mangkurat, Irwan membuka kesempatan kerja sama tersebut. Ia menjelaskan bahwa pihaknya berencana membangun Sido Muncul Herbal Research Center.

Pusat riset tersebut nantinya tak hanya uji khasiat, budidaya tanaman obat, rumah kaca, hingga laboratorium binatang. Sido Muncul nantinya akan bekerja sama dengan para peneliti berdasarkan proyek.

"Kami akan bekerja sama dengan beberapa universitas yang bersedia bekerja sama dalam hal riset dan siapa saja yang bersedia," ujar Irwan.

Hasil riset diharapkan dapat dikembangkan sebagai produk obat herbal yang nantinya dapat diproduksi dan dinikmati oleh masyarakat. Kerja sama riset yang sudah dibicarakan dengan Universitas Lambung Mangkurat dengan Sido Muncul Herbal Research Center sebagai pelopor. (*)

Penulis: amanda rizqyana
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved