Ki Enthus Susmono Meninggal Dunia

MENGHARUKAN, Ki Enthus Susmono Tumbang dalam Perjalanan Menghadiri Pengajian

MENGHARUKAN, Ki Enthus Susmono Tumbang dalam Perjalanan Menghadiri Pengajian di Desa Argatawang, Jatinegara, Tegal.

MENGHARUKAN, Ki Enthus Susmono Tumbang dalam Perjalanan Menghadiri Pengajian
TRIBUN JATENG/dok
Ki Enthus Susmono dalang kondang yang juga bupati Kabupaten Tegal 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Ratusan warga menangis terisak saat jenazah Enthus Susmono tiba di rumah duka di Jalan Projo Sumarto 2 No 11, Desa Bengle, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal, Senin (14/5). Bupati nonaktif Tegal sekaligus dalang Enthus Susmono meninggal dunia di RSUD Soeselo Tegal Senin, sekitar pukul 19.10.

Jenazah Enthus tiba di rumah duka sekitar pukula 20.30. Di antara isak tangis warga, beberapa di antaranya tersungkur karena banyaknya warga yang bertakziah.

Kabar meninggalnya Enthus diterima wartawan dari Pjs Bupati Tegal Sinoeng N Rachmadi lewat pesan WhatsApp. "Innalilahiwainailahirojiun, telah meninggal dunia Bp H Enthus Soesmono pada hari ini, Senin, 14 Mei 2018, pukul 19.10 WIB," tulis Sinoeng dalam pesannya.

Ki Enthus Susmono berbicara saat acara Luwijawa Festival
Ki Enthus Susmono berbicara saat acara Luwijawa Festival (mamdukh adi priyanto)

Kabar ini dibenarkan Kasubag Pemberitaan dan Dokumen Pemkab Tegal, Hari Nugroho. "Benar (meninggal dunia). Semoga khusnul khotimah," ungkap Hari.

Hari mengungkapkan, Enthus meninggal di RSUD Soeselo Slawi. Sebelumnya, pria yang dikenal sebagai dalang nyentrik ini tengah dalam perjalanan menuju tempat pengajian di Desa Argatawang, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal.

"Saat di perjalanan, beliau tidak sadarkan diri. Kemungkinan capai dan langsung dibawa ke rumah sakit (RSUD Soeselo)," jelas Hari.

Sementara, wakil Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Tegal, Fatkhuri Nurzain, mengatakan, Enthus menghembuskan nafas terakhir di rumah sakit. "Di mobil sempat muntah-muntah. Setelah dibawa ke rumah sakit, ternyata tidak tertolong," ungkap Fatkhuri.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSUD Soesilo, Iman Darjito SpPD, mengatakan, saat tiba di rumah sakit, Enthus sudah meninggal. Iman menyebut, Enthus meninggal karena gagal jantung.

Selain itu, Enthus juga memiliki riwayat penyakit diabetes melitus dan dislipidemenia atau biasa dikenal memiliki profil lemak jelek. "Dia juga perokok aktif. Saat dirujuk ke RSUD Soesilo dari Puskesmas Jatinegara, beliau (Enthus) sudah dinyatakan wafat," kata Iman.

Enthus meninggal di usia 52 tahun. Enthus saat ini tengah cuti sebagai bupati Tegal karena memutuskan maju lagi dalam pemilihan kepala daerah (pilkada). Bersama Umi Azizah yang juga wakil Enthus di periode 2014-2019, pasangan ini diusung PKB.

Minggu (14/5), pasangan ini mengikuti debat pilkada di Gedung Korpri Slawi. Senin, agenda Enthus menghadiri pengajian dan mengisi acara imtihan. Saat itulah Enthus tumbang dan akhirnya meninggal dunia.

Enthus dimakamkan hari ini Selasa (15/5/2018) pukul 10.00 di tempat pemakaman keluarga di Kelurahan Dampyak, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal. (tribunjateng/cetak/mam/gum/kpc)

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved