Ototrend

NGEBUT, Honda Civic Type R Melesat 250 Km/Jam di Tol Bawen Tetap Nyaman

NGEBUT, Honda Civic Type R Melesat 250 Km/Jam di Tol Bawen Tetap Nyaman. Mobil ini dijual seharga Rp 1 miliar

NGEBUT, Honda Civic Type R Melesat 250 Km/Jam di Tol Bawen Tetap Nyaman
tribunjateng/hermawan handaka
NGEBUT, Honda Civic Type R Melesat 250 Km/Jam di Tol Bawen Tetap Nyaman. Mobil ini dijual seharga Rp 1 miliar 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Maret tahun lalu, Honda Civic Type R FK8 resmi mentereng di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Hal ini merupakan pertama kalinya PT Honda Prospect Motor membawa langsung mobil berkelas sportcar atau hot hatchback.

Berdasarkan penutuan Herman Huta, Branch Manager Honda Gajahmada Semarang, Civic Type R yang dijual di Indonesia merupakan rakitan negara Inggris.

"Maka tak salah jika posisi stirnya berada di sebelah kanan. Karena di Inggris seluruh kendaraan juga menggunakan stir kanan. Beda dari Civic Turbo biasa yang dirakit di Thailand," tutur Herman kepada Tribun Jateng, beberapa waktu lalu.

Menariknya lagi, Honda menyematkan teknologi auto rev-matching, yang mampu menahan RPM sejenak, ketika gigi diturunkan dalam kondisi kecepatan tinggi. Hal ini tidak akan membuat pengemudi merasakan downshift atau hentakan, yang biasa dirasakan jika mengemudikan mobil biasa. Mobil yang dijual seharga Rp 1 miliar lebih ini, di Jawa Tengah hanya dimiliki oleh empat orang.

NGEBUT, Honda Civic Type R Melesat 250 Km/Jam di Tol Bawen Tetap Nyaman. Mobil ini dijual seharga Rp 1 miliar
NGEBUT, Honda Civic Type R Melesat 250 Km/Jam di Tol Bawen Tetap Nyaman. Mobil ini dijual seharga Rp 1 miliar (tribunjateng/hermawan handaka)

"Salah satunya ada di dealer Honda Gajahmada. Di Kota Semarang ada dua orang yang memiliki mobil ini. Tentu tidak mudah untuk meminang mobil ini. Jadi harus rela menunggu berbulan-bulan, sebab masih built-up dari Inggris," ucapnya.

Ia menambahkan, Honda Civic Type R juga mendapatkan predikat pencetak rekor tercepat di Sirkuit Nurburgring, Jerman, untuk kelas mobil berpenggerak depan. Kali ini Tribun Jateng berkesempatan untuk menjajal Civic Type R di ruas tol Krapyak hingga pintu keluar tol Salatiga.

Saat masih berada di jalur tol Krapyak-Bawen, Herman tidak bernafsu untuk mengubah mode kemudinya menjadi +R. Karena memang kondisi jalanan masih ramai lancar. Tetapi, ketika melewati pintu tol Bawen, ia langsung melesatkan Honda Civic Type R hingga mencapai kecepatan 250 km/jam.

"Mode +R memang diperuntukkan untuk pengalaman mengemudi yang paling cepat. Yang paling saya rasakan, kemudinya semakin berat, suspensinya semakin keras, dan pedal gas semakin sensitif," beber Herman.

Selain mode +R, Honda Civic Type R juga memiliki mode Comfort dan Sport. Tentunya kedua mode tersebut diperuntukkan untuk kondisi jalan yang berbeda-beda. Misalkan saja mode Comfort, yang cocok digunakan saat melintasi jalanan umum yang tidak memerlukan kecepatan tinggi. Dengan menggunakan mode ini, pengemudi akan merasakan suspensi mobil yang semakin empuk dan pegangan kemudi yang ringan.

"Sedangkan mode Sport, cocoknya digunakan saat melintasi jalan tol, yang tidak banyak hambatannya. Semua mode tersebut bisa saya ganti-ganti menggunakan tuas yang berdekatan dengan tuas persneling, baik dalam kondisi jalan maupun berhenti," paparnya.

Halaman
12
Penulis: faisal affan
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved