Serah Terima Apache, Amerika Serikat Ingin Bantu Perkuat Pertahanan Indonesia

Amerika Serikat ingin teruskan kerjasama pertahanan keamanan dengan Indonesia.

Serah Terima Apache, Amerika Serikat Ingin Bantu Perkuat Pertahanan Indonesia
TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Helikopter Apache AH-64E melakukan demonstrasi udara, di Lanumad Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (16/5). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Rahdyan Trijoko Pamungkas
TRIBUNJATENG. COM, SEMARANG- Amerika Serikat ingin teruskan kerjasama pertahanan keamanan dengan Indonesia.

Wakil Duta Besar Amerika Serikat, Erin Mckee mengatakan kerjasama yang ada baik pelatihan, maupun keberlanjutan kerjasama yang ada adalah murni melanjutkan kerjasama yang bertahun-tahun terlaksana.

Pihaknya ingin meneruskan kerjasama dan berlanjut di masa depan.

"Tidak ada basis atau dasar poilitik. Yang kami lakukan murni kerjasama untuk memperkuat hubungan kedua negara mitra, dan memperkuat ketahanan kedua negara yakni Indonesia Amerika Serikat," tuturnya, saat serah terah terima Helikopter Apache AH-64 E di Lanumad Ahmad Yani Semarang, Rabu (16/5/2018).

Menurutnya, Amerika Serikat berkomitmen atas kemitraan strategis dengan Indonesia.

Hal ini merupakan salah satu kerjasama yang tentunya dalam kerjasama memiliki beberapa tonggak, poin, maupun pilar.

"Yang sedang kami lakukan saat ini merupakan satu diantara pilar tersebut," ujarnya.

Dalam sambutannya, Erin mengatakan dengan adanya kemitraan, maka pertahanan akan semakin kuat. Hal ini merupakan upaya untuk mendorong keamanan, stabilitas, dan menjunjung kawasan Indo-Pasifik yang bebas, dan terbuka.

"Tambahan helikopter ini tidak hanya melengkapi kebutuhan indonesia untuk meningkatkan dan memodernisasikan militernya, tapi juga meningkatkan kemampuan militer Indonesia dengan menyediakan teknologi pertahanan kelas dunia untuk melakukan operasi maritim, dan pengawasan guna melindungi perbatasan terluar seta wilayahnya saja," jelasnya.

Dirinya yakin bahwa Indonesia akan kagum dengan kemampuan helikopter ini ketika beroperasi secara penuh.
Pihaknya berkomitmen terhadap kesuksesan program Apache Aviation TNI Angkatan Darat dengan memaksimalkan setiap kesempatan untuk membantu Indonesia dalam mendukung serta meningkatkan Armada Apachenya.

"Walaupun begitu kemitraan kami tidak hanya sebatas peralatan, dan teknologi. Namun juga berkaitan dengan personel pria, dan wanita Angkatan bersenjata kedua negara," terangnya.

Sejak awal, kata dia lebih dari 100 tentara Angkatan Udara Indonesia-baik pilot maupun teknisi dilatih Amerika Serikat bersama pilot dan teknisi Apachenya.

"Kami akan terus menyediakan peningkatan teknologi terkini, pelatihan pilot,dan teknisi. Yang Paling penting, Intergrasi serta interoperabilitas dengan pasukan militer kami sendiri selagi kami terus bekerja sama untuk mendukung stabilitas di kawasan," terangnya.

Ia mengatakan sangat senang menjadi bagian dari pencapaian bersejarah bagi Kementerian pertahanan Indonesia, dan Angkatan Darat kedua negara. Pihaknya akan akan lebih bersemangat lagi mengenai masa depan kedua bangsa yang besar.

"Jadi, mewakili, Kedutaan Besar AS, dan tim Angkatan Darat Amerika Serikat, saya ingin sekali lagi mengucapkan selamat, terbanglah dengan bangga, dan yang paling penting terbanglah dengan aman," tukasnya.(*)

Penulis: rahdyan trijoko pamungkas
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved