TPID Kota Tegal Siapkan Langkah Antisipasi Tekan Inflasi Selama Ramadan

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Tegal menyiapkan sejumlah langkah antisipatif untuk menekan inflasi

TPID Kota Tegal Siapkan Langkah Antisipasi Tekan Inflasi Selama Ramadan
TRIBUN JATENG/MAMDUKH ADI
Kepala BI Tegal, Joni Marsius (kedua dari kanan) bersama Pjs Wali Kota Tegal, Achmad Rofai saat rapat koordinasi tim pengandalian inflasi daerah kota tegal 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL- Inflasi Daerah (TPID)'>Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Tegal menyiapkan sejumlah langkah antisipatif untuk menekan inflasi pada Ramadan dan Lebaran 2018.

"Dalam persiapan menghadapi Ramadan dan Lebaran 2018 ini seperti diketahui harga- harga akan naik. Kami sudah menyiapkan strategi- strategi agar hal itu tidak terjadi," kata Kepala Kantor BI Perwakilan Tegal, Joni Marsius, saat rapat koordinasi TPID Kota Tegal, Rabu (16/5/2018).

Langkah yang akan diambil dari sisi suplai bahan pokok yakni jangan sampai pasokan terganggu.

Untuk itu pihaknya melibatkan pihak Kepolisian atau Satgas Pangan dengan harapan pasokan bahan pokok tidak terganggu karena gangguan kriminal, semisal penimbunan.

"Dalam rapat koordinasi ini kami juga mengundang pihak kepolisian dari Tegal dan Brebes untuk mengamankan suplai bahan pokok itu," kata Joni.

Kemudian, dari sisi konsumen, kata dia, ia mengimbau kepada masyarakat untuk rasional dan bijak dalam mengkonsumsi.

Imbauan itu akan disampaikan melalui spanduk- spanduk dan talkshow di radio.

Untuk sisi distribusi, TPID meminta kerja sama dengan pihak lain yang berkompeten, yakni Pertamina, Dinas Perhubungan, dan PT Pejagan Pemalang Toll Road (PPTR) untuk kelancaran distribusi.

"Ramadan dan Lebaran ini juga Bank Indonesia memastikan ketersediaan stok uang. Permintaan barang meningkat, pastinya permintaan uang juga akan meningkat," jelasnya.(*)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help