Tradisi Detik-detik Hari Jadi, Sesepuh Kalisoka Datangi Pemkab Untuk Terima Pakta Integritas

Para sesepuh Kalisoka mendatangi Pendopo Pemkab Tegal untuk melaksanakan upacara serah terima Pakta Integritas pada Rabu (16/5/2018) pagi ini.

Tradisi Detik-detik Hari Jadi, Sesepuh Kalisoka Datangi Pemkab Untuk Terima Pakta Integritas
akhtur gumilang
Saat prosesi upacara serah terima Pakta Integritas, Rabu (16/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Para sesepuh Kalisoka mendatangi Pendopo Pemkab Tegal untuk melaksanakan upacara serah terima Pakta Integritas pada Rabu (16/5/2018) pagi ini.

Bertempat di halaman belakang kantor Pemkab, upacara serah terima Pakta Integritas ini memiliki nilai penting tersendiri bagi warga Kabupaten Tegal.

Serah terima pakta biasa dilakukan setelah berziarah kepada para leluhur dan pelopor berdirinya Tegal raya yakni, Pangeran Hanggawana dan Ki Gede Sibayu.

Mereka bedua dimakamkan di Desa Kalisoko, Kecamatan Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal, yang merupakan tempat bersejarah dari pendiri Tegal.

Acara yang digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tegal ke-417 ini, dipimpin langsung oleh Pjs Bupati Tegal Sinoeng N. Rachmadi.

Sinoeng menyambut baik Keluarga Kalisoka yang datang pada acara tersebut.

Penyerahan Pakta Integritas dari Pemerintah Kabupaten Tegal kepada Keluarga Kalisoka merupakan wujud memperkuat tekad pejabat Pemerintah Kabupaten Tegal dalam mengemban amanat rakyat.

“Panyuwun kula mugi Pakta Integritas menika dikirabaken supadosa dibekta tumuju kantor Kabupaten Tegal ing pangetan ulang tahun adeging Kabupaten Tegal kaping patang atus pitulas,” imbuh Sinoeng.

Dalam bahasa Indonesia, ucapan Sinoeng berarti, "Mohon diperhatikan, Permintaan saya semoga Pakta Integritas ini dikirabkan dan dibawa menuju kantor Kabupaten Tegal dalam rangka ulang tahun kabupaten tegal ke 417".

Keluarga Kalisoka, Bambang Purnama selaku sesepuh menerima Pakta Integritas langsung dari Sinoeng.

Sebelum diserahkan kembali ke Pemerintah Kabupaten Tegal, Pakta Integritas akan dikirab terlebih dahulu pada Jumat (18/5/2018) mendatang sebagai simbol hari jadi Kabupaten Tegal yang ke 417. (*)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help